Terlibat dalam Ekonomi Syariah, Pimpinan BAZNAS Terima Penghargaan dari BI

Selasa, 06 Desember 2022 – 19:28 WIB
Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Prof. Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec. Foto: BAZNAS

jpnn.com, JAKARTA - Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Prof. Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec menerima Bank Indonesia Award.

Penghargaan tersebut diberikan dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2022 kategori Penggiat Ekonomi Sosial Syariah/Tokoh Penggiat Ekonomi Syariah Terbaik.

BACA JUGA: Buka Jakarta Cinta Disabilitas, Pj Gubernur Apresiasi Kepedulian Baznas DKI

Zainulbahar menduga penghargaan tersebut diberikan karena keterlibatannya dalam praktik dan keaktifan saat pendirian Bank Muamalat pada 1991.

Kala itu, dia menjabat sebagai Direktur Utama pertama Bank Muamalat, dan 10 tahun kemudian menjadi Anggota Dewan Komisaris Bank Muamalat.

BACA JUGA: BAZNAS Minta Pelaku Penyelewengan Dana Zakat Ditindak Tegas

"Selama tujuh tahun terakhir ini saya di BAZNAS. Saya bersyukur atas penghargaan yang diberikan ini," kata Zainulbahar dalam keterangannya, Selasa (6/12).

Dia pun meyakini sistem perbankan syariah jauh lebih tepat dibanding konvensional yang dalam pandangan Islam berunsur riba.

BACA JUGA: Upaya BAZNAS Mendorong Ekspor Produk Mustahik ke Luar Negeri

"Produk perbankan syariah yang tidak terikat dengan riba itu lebih berkeadilan dan setiap nasabah bisa lebih berkembang tanpa denda," tuturnya.

Dia pun bersyukur setelah berdirinya Bank Muamalat, banyak lembaga syariah bermunculan, seperti gadai syariah dan saham syariah.

"Keputusan Bank Indonesia dalam penghargaan ini sangat baik dan lebih bisa mendorong secara psikologis semua penggiat keuangan ekonomi sosial syariah," ujarnya.

Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk terus mendorong kebangkitan ekonomi syariah di Indonesia.

Melalui BAZNAS, dia pun berupaya untuk bisa mengumpulkan kekuatan keuangan syariah melalui zakat sebagai kewajiban dalam Islam. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler