Ternyata, Sayur Bisa Turunkan Berat Badan Tanpa Diet Loh

Jumat, 08 April 2016 – 10:03 WIB
Sayuran dan buah-buahan segar. Foto Ilustrasi

jpnn.com - DIET, sebuah program yang menurut kebanyakan orang merupakan hal yang sangat menyiksa. Butuh waktu yang lama untuk bisa menurunkan berat badan dengan melakukan diet.

Namun rupanya, ada cara yang lebih jitu untuk membuang lemak Anda secara alami. Caranya yakni dengan menjadikan sayuran sebagai modal utama dalam daftar menu diet Anda.

BACA JUGA: Yuk Atasi Retensi Air dan Kembung dengan Cara ini

Diet cepat dan sehat dengan sayuran sangat dianjurkan, karena sayuran memiliki kandungan vitamin yang banyak serta rendah kalori.

Berikut beberapa manfaat sayuran jika Anda tambahkan ke dalam menu diet, seperti dilansir laman Health, Rabu (6/4).

BACA JUGA: 4 Larangan untuk Yang Berkulit Sensitif

1. Sayuran membuat Anda lebih menarik.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa makan makanan sehat memberikan kulit cahaya alami dan itu sangat benar. Salah satu studi dari Universitas Nottingham menemukan ketika orang asing melihat foto-foto wajah orang lain, mereka menilai bahwa orang-orang yang makan lebih banyak sayuran jauh lebih menarik daripada orang-orang yang memiliki warna kulit gelap.

BACA JUGA: 3 Hal Yang Bisa Rusak Aktivitas di Ranjang

Studi lain dari Andrews University St. menyimpulkan bahwa orang yang makan tiga porsi sayuran sehari selama enam minggu, jauh lebih menarik dari orang-orang dengan intake yang lebih rendah.

Mengapa begitu? Sayuran telah terbukti mengubah pigmen kulit dan meningkatkan sirkulasi, yang berarti meningkatkan aliran darah lebih ke permukaan kulit, memberikan Anda penampilan bersinar. Ditambah mereka bisa menangkal tanda-tanda penuaan. Penelitian menunjukkan sayuran tertentu membantu kulit tetap kencang dan bebas kerutan.

2. Sayuran bantu Anda menurunkan berat badan tanpa diet.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang melakukan diet tanaman mengalami penurunan berat badan secara cepat. Salah satu studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa selama periode lima tahun, baik laki-laki dan perempuan yang makan makanan nabati lebih banyak, jauh lebih sulit dalam menaikkan berat badan mereka.

Hasil ini karena adanya antioksidan dan serat dalam sayuran yang telah dikaitkan dengan penurunan berat badan.

3. Sayuran rendah kalori.

Misalnya, dua cangkir bayam mengandung kurang dari 15 kalori. Itu hampir setara dengan 200 kalori lebih sedikit daripada secangkir beras. Jadi, daripada mengisi piring Anda dengan makana pokok seperti pasta dan nasi, mengapa tidak ganti dengan sayuran dan menempel porsi yang lebih kecil dari pati.

4. Sayuran bantu mencegah sembelit

Jika usus Anda tidak merasa baik, Anda tidak merasa baik. Untungnya, sayuran bisa memperbaiki masalah pencernaan. Serat alami di sayuran membantu memperkuat otot gastrointestinal (sistem dalam pencernaan) dan mendorong limbah melalui tubuh lebih cepat.

5. Sayuran meningkatkan kebahagiaan.

Satu studi Selandia Baru baru-baru ini menemukan bahwa asupan produk sayuran yang lebih tinggi membantu orang merasa lebih berenergi, lebih tenang dan lebih bahagia.

6. Sayuran menurunkan risiko penyakit kronis.

Ini mungkin tampak jelas bahwa makan lebih banyak sayuran menurunkan risiko penyakit jantung, stroke dan kanker tertentu. Satu studi baru menemukan bahwa makan lebih dari satu porsi ekstra berdaun hijau sehari bisa mengurangi risiko diabetes tipe dua sebesar 14 persen. Asupan tinggi dari makanan nabati juga berarti diet alkali, yang telah dikaitkan dengan risiko diabetes yang lebih rendah.(fny/chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Posisi Morning Seks yang Patut Anda Coba


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler