Ternyata, Uang First Travel Rp 917 Miliar Sudah Habis

Rabu, 22 November 2017 – 06:52 WIB
Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan. FOTO DOK. DHIMAS GINANJAR/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Uang jemaah umrah First Travel (FT) yang hampir Rp 1 triliun ternyata sudah habis.

Dari hasil pengejaran aset FT yang dilakukan Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim, diketahui uang jamaah sekitar Rp 917 miliar habis untuk menutupi kekurangan biaya umrah tahap awal. Selain itu juga untuk keperluan pribadi Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan.

BACA JUGA: Andika Surachman Pengin Bertemu dengan Jemaah

Direktur Dittipidum Bareskrim Brigjen Herry Rudolf Nahak menuturkan, pencarian aset FT memang telah dihentikan. Sebab aliran semua uang jamaah telah diketahui ke mana saja.

Setelah penelusuran selama beberapa bulan, diketahui bahwa uang jamaah FT telah habis.

BACA JUGA: First Travel Sebaiknya Tidak Dipailitkan

”Kebanyakan untuk menambal kekurangan biaya pemberangkatan umrah jemaah yang lebih dulu berangkat,” terangnya ditemui dalam peluncuran buku Kapolri Jenderal Tito Karnavian berjudul Democratic Policing di gedung LIPI kemarin.

Biaya pemberangkatan jemaah umroh itu normalnya sekitar Rp 22 juta. Namun, tarif umroh FT yang hanya Rp 14,3 juta membuat Andika dan Anniesa menutup kekurangan biaya itu rata-rata Rp 8 juta per jemaah.

BACA JUGA: Kapolri Pengin Tiga Tersangka First Travel Segera Diadili

”Lebih dari setengah uang yang ditarik dari tiap jemaah untuk membiayai jamaah yang berangkat lebih dulu,” paparnya.

Untuk pemberangkatan jemaah reguler, rata-rata Rp 8 juta. Namun untuk Syahrini dan keluarganya dengan kelas VVIP, tiap orang bisa menghabiskan Rp 40 juta.

Tentunya uang jemaah tersedot menambal biaya keluarga penyanyi itu. ”Ini penyebab utama uang habis,” tuturnya.

Aset bergerak dan tidak bergerak FT ditaksir hanya Rp 50 miliar. Padahal, data Dittipidum uang yang ditilap FT dari 58 ribu jemaah dan perusahaan rekanan mencapai Rp 967 miliar.

Artinya, Rp 917 miliar itu habis untuk menambal pemberangkatan umrah jemaah dan kebutuhan pribadi.

Berapa persentase uang FT yang tersedot menambal sulam pengiriman jemaah? Dia menuturkan, sulit untuk mengetahui persentasenya.

Namun, bila ditanya apa yang paling banyak menghabiskan uang, tentu jawabannya menambal sulam biaya umrah jemaah yang berangkat duluan.

”Setelah itu, baru uang jamaah ini tersedot ke keperluan pribadi Andika dan Anniesa. Seperti gaya hidup mewah dan bisnis fashion,” terangnya.

Terkait berkas ketiga tersangka, dia mengatakan saat ini telah dilimpahkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung).

Dalam waktu dekat diharapkan berkas kasus tersebut akan selesai atau P21. ”Tinggal melengkapi aja,” papar jenderal berbintang satu tersebut.

Bagaimana dengan proses sidang penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU)? Dia menuturkan bahwa proses PKPU itu bukan ranah kepolisian.

Namun, sebagai penegak hukum justru memandang FT itu bukan berutang, melainkan menipu. ”Jemaah itu membayar untuk diberangkatkan umrah, bukan mengutangi FT lho,” jelasnya.

Kuasa hukum FT Deski M. K. menjelaskan bahwa kepolisian memiliki hak mengungkapkan perkembangan kasus itu.

Namun, tentunya sebagai kuasa hukum nanti akan melakukan perlawanan dalam persidangan. ”Nanti kita lawan dengan fakta hukum,” ujarnya singkat. Dia menyebutkan, tidak bisa berkomentar lebih banyak.

Pengejaran aset FT yang hanya berhasil mengumpulkan Rp 50 miliar itu tentu akan mempengaruhi proses sidang PKPU FT. Sebab, opsi pemberangkatan jemaah menggunakan aset yang telah disita.

Sayang, anggota Tim PKPU untuk First Travel Sexio Noor tidak merespons saat ditelepon. Pesan singkat yang dikirim juga tidak dibalas. (idr/oki)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jangan Begitu sama Syahrini dong, Bang Hotman! Geli


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler