Para ilmuwan Australia mengatakan, sebuah terobosan besar menangani bayi prematur dengan penyakit paru kronis diharapakan dapat menyelamatkan mereka dari masalah kesehatan seumur hidup.

Para peneliti di Hudson Institute of Medical Research mengatakan, dua jenis obat anti-inflamasi telah digunakan anak-anak untuk menghentikan perkembangan ‘displasia bronkopulmoner' (BPD) pada bayi prematur.

BACA JUGA: Perempuan Australia Ditemukan Tewas di Bali Akibat Kecelakaan Skuter

Hingga 60 persen bayi prematur menderita BPD, yang menyebabkan kerusakan pada jaringan paru-paru dan mencegah pertumbuhan paru-paru normal karena paru-paru mereka terbiasa dengan alat bantuan pernafasan.

Peneliti senior, Dr Ina Rudloff mengatakan penemuan ini "menarik" untuk mengobati penyakit yang dalam beberapa kasus bisa menyebabkan kematian. Kematian ini disebabkan bayi terjangkit infeksi serius di jalur napas mereka.

BACA JUGA: Banyak Anak Aborijin Berketerbelakangan Mental Tak Dapat Bantuan

"Saat ini, tak ada pengobatan yang efektif atau aman, yang kami lihat adalah dua obat ... yang pada dasarnya mampu menghambat pengembangan BPD," jelasnya.

"Kami tahu perawatan ini aman, telah digunakan pada penyakit lain, sehingga kami berharap melalui uji klinis perawatan ini akan memperlihatkan keefektifan kedua obat tersebut dan dapat digunakan segera untuk pengobatan BPD," terangnya.

BACA JUGA: Ilmuwan Australia Teliti Jenis Gandum Barley

Dr Rudloff mengatakan bahwa penyakit tersebut dapat menyebabkan bayi mengalami masalah kesehatan seumur hidup.

"Bayi yang terkena kondisi itu, memiliki banyak konsekuensi yang berawal dari perkembangan neurologis yang terganggu, hingga mereka sangat rentan untuk terkena infeksi dan bayi yang sudah terdampak sering dirawat di rumah sakit," sebutnya.

Ia menambahkan, "Ini beban besar bagi bayi dan keluarganya.”

"Pengobatan yang sedang kami kerjakan dan yang ingin kami kembangkan benar-benar akan memberi harapan pada bayi-bayi yang terkena dampaknya, bayi-bayi yang terlahir prematur, dan memiliki awal kehidupan yang sulit, jadi kami akan bisa memberi mereka masa depan yang lebih cerah," ungkap Dr Rudloff.

Ia mengatakan, langkah selanjutnya adalah melakukan uji klinis. Marlowe, 2 tahun, terserang virus pernapasan (RSV) ketika bepergian ke Brisbane.

Supplied Pengobatan dapt mengubah hidup

Marlowe lahir prematur13 minggu dan dengan berat hanya 986 gram saat ia lahir.

Ibunya, Merryn, dari Vermont di Melbourne timur, mengatakan, Marlowe mendapat bantuan oksigen selama 86 hari saat ia pertama kali lahir dan mengalami BPD.

Meskipun demikian, kesehatan Marlowe membaik. Di usia dua tahun, ia menjadi bahagia dan sehat, kata ibunya. Namun dalam perjalanan ke Brisbane baru-baru ini, ia terserang virus pernafasan (RSV).

"Ia dirawat di rumah sakit selama delapan hari, mendapat bantuan oksigen, dan hampir dirawat di unit perawatan intensif karena menderita akibat penyakit itu," kata Merryn.

Opname di rumah sakit ini menjadi beban bagi keluarga Marlowe.

"Ketika dia berusia 14 bulan, kami menjadi berani dan pergi ke Vietnam dan kami merasa nyaman terbang, kami merasa tenang keluar dari zona nyaman. Dan karena ia dalam keadaan sehat, ia tak mengalami masalah besar," kata Merryn.

"Episode terbaru di Brisbane telah mengejutkan kami karena ini mengingatkan kami pada kondisi prematurnya dan ia lebih rapuh," sambungnya.

Merryn mengatakan terobosan pengobatan akan mengubah hidup Marlowe.

"Saya pikir jika saja ia menerima perawatan dan bisa bertahan dari tertular RSV daripada sebelumnya, saya pikir ia pasti tak akan mengalami trauma kembali ke rumah sakit, diberi oksigen, dan bantuan pernapasan," sebutnya.

"Ia diberi makan melalui tabung lambung yang disalurkan lewat hidung dan tidur cukup lama selama empat hari berturut-turut. Kini, ia masih berbicara tentang rumah sakit dan ini sudah beberapa minggu berlalu.”

"Bagi kami, ini benar-benar mengejutkan dan sekarang kami benar-benar berhati-hati dalam perjalanan, akan kesehatannya dan hal-hal yang membuat kami semua santai sebelumnya, kami kembali ke keadaan semula lagi," ungkapnya.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Lihat Artikelnya di Australia Plus

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rehabilitasi Masjid Bersejarah di Broken Hill

Berita Terkait