Terpilih Aklamasi di Munas Bali, OSO jadi Ketua Umum Hanura Lagi

Senin, 19 Agustus 2024 – 12:40 WIB
Oesman Sapta Odang alias OSO terpilih secara aklamasi menjadi ketua umum DPP Partai Hanura periode 2024-2029 dalam Munas IV Partai Hanura di The Stones, Legian, Bali, Senin (19/8). Foto: Tim OSO.

jpnn.com - LEGIAN - Oesman Sapta Odang terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum Partai Hati Nurani Rakyat periode 2024-2029 dalam Musyawarah Nasional (Munas) IV Partai Hanura di The Stones, Legian, Bali, Senin (19/8).

Dalam rapat pleno Munas IV Partai Hanura, para peserta dari DPP, DPD, hingga DPC Partai Hanura, sepakat meminta OSO untuk kembali memimpin partai lima tahun mendatang.  

BACA JUGA: OSO Instruksikan Kader Memenangkan Calon Kepala Daerah yang Didukung Hanura

Rapat pleno itu dipimpin oleh Ahmad Muqowan selaku ketua, Surpani selaku sekretaris, serta Marwan Paris, Benny Rhamdani, I Kadek Arimbawa selaku anggota.

Rapat pleno berjalan dalam suasana demokratis. Satu per satu agenda munas dibahas dalam rapat pleno, termasuk penetapan anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) Partai Hanura

BACA JUGA: Munas Hanura, OSO Minta Kader Membangun dan Memakmurkan Daerah

Kemudian, rapat pleno yang dipimpin Ahmad Muqowam itu masuk pada agenda pemilihan ketua umum. 

Para peserta munas dengan kompak meminta dan mengusulkan OSO agar memimpin Hanura lima tahun mendatang. 

BACA JUGA: Buka Munas IV Hanura, OSO: Kita Masih Berdiri Kokoh Seiring Sejalan Bersama

Selain tidak ada calon lain yang mendaftar, para peserta juga masih menginginkan dan mempercayakan OSO untuk menjadi ketua umum Partai Hanura. "OSO lanjutkan, aklamasi," teriak sejumlah peserta. 

Pimpinan sidang pun akhirnya mengetuk palu atas usulan dipilihnya kembali OSO untuk menjadi ketua umum DPP Partai Hanura periode 2024-2029 secara aklamasi.

Para peserta munas pun kompak menerima hasil tersebut. Teriakan nama OSO pun menggema di arena munas.

Lalu, pimpinan sidang melakukan pengesahan keputusan Munas IV Nomor 04/KEP.Munas IV-Hanura/VIII/2024 tentang ketua umum terpilih DPP Partai Hanura periode 2024-2029.

"Dengan rahmat Tuhan Yang Mahakuasa, Munas IV Partai Hanura menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, memutuskan, menetapkan, Bapak Doktor Oesman Sapta terpilih secara aklamasi menjadi ketua umum DPP Partai Hanura periode 2024-2029," kata Benny.

Keputusan itu berlaku sejak tanggal ditetapkan, yakni 19 Agustus 2024 di Denpasar, Bali, oleh pimpinan sidang. 

Demokrasi yang Luar Biasa

OSO kemudian diminta menyampaikan pidato setelah terpilih secara aklamasi sebagai ketum DPP Partai Hanura 2024-2024, sekaligus menutup Munas IV. 

Dalam kesempatan itu, OSO memuji para peserta yang telah menjalankan demokrasi yang luar biasa. 

"Saya pikir ini demokrasi yang luar biasa, bukan karena saya terpilih, tetapi karena saudara punya tekad negara kita harus demokrasi," kata OSO dalam pidato di hadapan kader Partai Hanura seusai terpilih secara aklamasi sebagai ketum periode 2024-2029.

OSO mengucapkan terima kasih kepada kader atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya memimpin Hanura selama lima tahun terakhir ini.

"Karena saudara memaksa saya untuk mengambil kembali, maka saudara harus patuh pada keputusan-keputusan partai. Ini semua demi kebaikan daerah saudara, bukan untuk daerah saya," ungkap OSO.

Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat Oesman Sapta Odang di Munas IV Partai Hanura di The Stones, Legian, Bali. Foto: Tim OSO.

Dalam kesempatan itu, OSO juga berpesan kepada kader agar tidak asal berbicara merespons berbagai hal ketika mewakili atau membawa nama Partai Hanura . "Kalau bicara mewakili Hanura, jangan asal bicara. Pikirkan yang baik, pikirkan yang elegan, pikirkan yang konstitusional, pikirkan AD/ART," ujar mantan ketua DPD RI dan eks wakil ketua MPR RI, itu.

Menurut OSO, meskipun dia sebagai ketua umum, tetapi tidak pernah menganggap para kader itu anak buahnya. Dia menegaskan semua kader merupakan sahabat dan saudara.

"Ingat, persahabatan di atas segala-galanya. Saya bukan anggap anda anak buah saya, tetapi anda semua sahabat saya, anda semua saudara saya setanah air sebangsa Indonesia raya," katanya.

"Saya sudah bilang, saya dengan saudara tidak ada bedanya. Saya bukan siapa-siapa, saya adalah anda, dan anda bisa seperti saya. Karena itu hak demokrasi. Demokrasi itu indah," katanya.

OSO pun mengingatkan bahwa jangan sekali-sekali bertindak seperti diktator, tetapi harus tetap demokratis. 

"Dari ranting, PAC, DPC, DPD, DPP, jangan sekali-sekali jadi diktator yang seolah-olah benar sendiri. Semua harus dipikir dengan baik, karena kita akan mengubah pola ke depan," ungkap OSO.

Dalam kesempatan itu, OSO pun secara resmi menutup Munas IV Partai Hanura yang bertema "Hanura Baru, Daerah Maju, Indonesia Bersatu". "Bangkit, Jaya, Menang," ucap OSO yang disambut teriakan dari kader Partai Hanura. (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler