Tersesat di Wilayah Sengketa, Tentara Tiongkok Diselamatkan Musuh

Selasa, 20 Oktober 2020 – 05:12 WIB
Tentara India dan Tiongkok patroli bersama di Pegunungan Himalaya. Foto: PTI

jpnn.com, NEW DELHI - Tentara India mengatakan telah menangkap seorang prajurit Tiongkok yang tersesat saat melintasi perbatasan de facto di wilayah Himalaya barat.

Seperti diketahui, wilayah tersebut merupakan pusat sengketa di antara kedua negara.

BACA JUGA: Kapolda Metro Pastikan Jasad WN Tiongkok Cai Changpan Belum Membusuk saat Ditemukan

Menurut militer India, pasukan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) ditangkap di daerah Demchok di timur Ladakh, dan akan dikembalikan setelah menyelesaikan semua proses formalitas.

"Tentara PLA telah diberikan bantuan medis termasuk oksigen, makanan, dan pakaian hangat untuk melindunginya dari ketinggian yang ekstrem dan kondisi iklim yang keras," demikian pernyataan angkatan bersenjata India.

BACA JUGA: Cai Changpan, WN Tiongkok Napi Narkoba yang Kabur dari Lapas Tangerang Tewas Gantung Diri

Kedua negara bertetangga yang sama-sama bersenjata nuklir telah terkunci dalam konfrontasi perbatasan selama berbulan-bulan di wilayah Ladakh, dengan kedua pasukan saling membunuh dalam pertempuran tangan kosong dan melepaskan tembakan ke udara.

India dan Tiongkok telah mengadakan beberapa putaran pembicaraan militer dan diplomatik, tetapi hanya mengalami sedikit kemajuan.

BACA JUGA: Makin Mesra, Tiongkok dan Malaysia Sepakat soal Laut China Selatan

Belum ada komentar langsung dari Tiongkok tentang insiden memalukan, tetapi pemimpin redaksi Global Times mengatakan melalui Twitter bahwa masalah itu sedang diselesaikan.

"Berdasarkan apa yang saya ketahui, seorang tentara Tiongkok ditahan oleh pihak India, kemungkinan besar karena tersesat," kata Hu Xijin.

"Pihak India memiliki sikap positif. Tentara itu akan dikembalikan ke Tiongkok. Masalah tersebut seharusnya tidak menimbulkan ketegangan baru di daerah perbatasan." (ant/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler