Tertipu Calo CPNS, Rp 60 Juta Amblas

Sabtu, 01 Februari 2014 – 10:26 WIB

jpnn.com - JAMBI - Para petinggi KemenPAN-RB dan Badan Kepagawaian Negara (BKN) sejak jauh hari sebelum tes CPNS digelar November 2013, sudah kerap mewanti-wanti agar para peminat kursi abdi negara itu mewaspadai calo yang terus mencari mangsa.

Namun, masih saja ada korban percaloan, seperti yang terjadi di Jambi. Korbannya Rustam Arifin, yang lapor ke Polda Jambi setelah uangnya Rp60 juta lenyap.

BACA JUGA: PDIP Dorong RUU Simalungun Hataran Masuk Prioritas

Pelakunya oknum polisi, Brigadir Satu (Briptu) Deri  Ardiansyah, anggota Polres Muarojambi. Subdit I Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jambi kini telah melakukan pemeriksaan saksi-saksi untuk memproses hukum kasus ini.

Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Almansyah mengatakan, Deri telah ditahan lebih satu minggu yang lalu.

BACA JUGA: Bus Terbakar Lalu Meledak, 7 Tewas Terpanggang

Dia ditahan atas laporan korbannya Rustam Arifin yang ditipu tersangka. “Modusnya tersangka menjanjikan bisa mengurus memasukan anak pelapor menjadi Pegawai Negeri Sipil di Pemerintahan Kabupaten Muaro Jambi,” jelas Alamsyah.

Namun, setelah uang diserahkan jelang pembukaan akhir tahun 2013,  ternyata Kabupaten Muaro Jambi tidak membuka penerimaan CPNS tahun 2013.

BACA JUGA: Potensi Puting Beliung Masih Tinggi

“Pelapor sudah beberapa kali meminta uangnya dikembalikan, namun tersangka tidak bisa mengembalikan,” jelasnya. Awal Januari 2014, korban lapor ke polisi dan pelaku sudah ditahan.

Kapolres Muarojambi AKBP Ayin Supadan, membenarkan anggotanya bernama Deri Ardiansyah kini telah ditahan Polda Jambi dalam kasus penipuan dan penggelapan. “Saya sudah diberi tahu Direktorat Reskrimum Polda Jambi bahwa Deri ditahan,” ujarnya.

Ditanya sanksi hukum yang diberikan, Ayin menyerahkan semuanya pada proses hukum yang ada. “Ini kan kasus pidana umum, pembuktianya ada di pengadilan,” sebutnya.(can/sam/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... 275 CPNS Anyar Belum Kantongi NIP


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler