Terungkap, Momen Ronal Surapradja Diminta Jadi Cawagub Jawa Barat

Minggu, 01 September 2024 – 14:25 WIB
Ronal Surapradja, presenter sekaligus komedian yang kini maju sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2024. Foto: Dok. PDIP Jabar

jpnn.com, JAWA BARAT - Komedian sekaligus presenter, Ronal Surapradja mengungkap momen dirinya pertama kali ditawari menjadi bakal calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Barat oleh DPD PDI Perjuangan Jawa Barat.

Menurutnya, menjelang batas penutupan pendaftaran calon kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di KPUD, PDIP merupakan satu-satunya partai yang belum menyerahkan berkas pendaftaran.

BACA JUGA: Kejutan PDIP di Pilgub Jabar Bikin Cagubnya Kaget, Ono Surono Menyentil Mulyono

Sampai dengan pukul 23.59 WIB, Kamis (29/8), PDIP masih gambling menentukan nama yang bakal diusung, dari rencana awal Anies Baswedan - Ono Surono, menjadi Ono Surono dan Jeje Wiradinata.

Hingga akhirnya, Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono mengumumkan pasangan cagub-cawagub dari partai dengan lambang banteng ini adalah Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja.

BACA JUGA: Hasto PDIP Blak-blakan soal Alasan Tak Mengusung Anies di Pilkada Jabar 2024

Kedua orang tersebut pun hadir secara virtual melalui Zoom saat pendaftaran di KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung.

Saat hadir dalam tes kesehatan jasmani di Rumah Sakit (RS) Hasan Sadikin, Ronal Surapradja menceritakan proses dirinya diminta maju di Pilkada Jabar.

BACA JUGA: Anies Gagal Maju di Pilkada Jabar 2024, Ono Surono Menuding Mulyono

Dia mengaku saat itu baru saja selesai tampil untuk sebuah acara perayaan kabar reuni grup musik, Oasis.

Menurutnya, Ono Surono tiba-tiba meneleponnya dan menyampaikan maksud rencananya.

“Posisi beres manggung acara band, acara Oasis Night, karena Oasis mau reuni. Saya setelah acara ditelepon oleh Pak Ono, kemudian keluar, telepon-telepon, jadi saja,” kata Ronal Surapradja, Minggu (1/9).

Pria berusia 47 tahun itu mengungkapkan, sebagai kader partai, dirinya tidak bisa menolak tugas yang sudah diamanahkan apalagi di waktu-waktu genting seperti kemarin.

“Saya tahu, saat-saat itu saat genting, apa yang bisa dilakukan akan saya persembahkan untuk partai. Allah beri yang terbaik buat saya,” ucap pengisi acara Extravaganza itu.

Adapun Ronal Surapradja selama masa persiapan Pilkada ini diketahui bakal maju di Pilwalkot Bandung, namun di detik terakhir dirinya justru bertarung di Pilgub Jabar.

Dia pun tidak membantah jika terkejut ketika ditugaskan sebagai bakal calon wakil gubernur mendampingi Jeje Wiradinata.

“Seperti yang teman-teman tahu, saya ikut dalam kontestasi Pilwalkot Bandung, Allah punya rencana lain, ada tanggung jawab dan amanah lebih besar. Saya dan pak Jeje di hari itu dapat mandat yang mengagetkan,” terang pemain film The Wedding & Bebek Betutu itu.

Ronal pun meyakini, meskipun pendaftaran terkesan mendadak, namun proses persiapan Pilkada Jabar bisa berjalan lancar.

“Alhamdulillah pertemuan pertama kami kemarin berjalan dengan lancar dan saya banyak belajar pada pak Jeje. Pasangan bisa saling melengkapi dengan latar belakang yang berbeda, kami bisa garap pangsa berbeda. Pasangan ini bisa jadi kombinasi yang bisa mewakili rakyat Jawa Barat,” tutup Ronal Surapradja. (mcr27/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler