Test Drive Honda BR-V 2019: Merasakan Kenyamanan Melibas Jalur Pantura

Jumat, 10 Mei 2019 – 14:10 WIB
Ruang kabin Honda BR-V. Foto: Dedi Sofian.JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Setelah diresmikan pada ajang IIMS 2019 lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengajak awak media untuk merasakan langsung sensasi ubahan Honda BR-V facelift, pada sesi media test drive.

Mengambil rute Semarang-Jepara selama dua hari, 2-3 Mei 2019, Honda menantang media untuk merasakan kenyamanan baru yang ditawarkan pada mobil di segmen low sport utility vehicle (LSUV). JPNN.com pun mendapatkan kesempatan untuk menguji ketangguhan Honda BR-V 2019 ini.

BACA JUGA: Honda Resmikan Dealer Pertama di Jepara

Perjalanan dilakukan dari Semarang menuju Jepara melalui jalur Pantura Utara dengan jarak tempuh sekitar 80 kilometer. Kondisi jalan yang dilalui cukup beragam dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

BACA JUGA: HPM Kurang Pede dengan Honda BRV Baru Tahun Ini

BACA JUGA: HPM Kurang Pede dengan Honda BRV Baru Tahun Ini

Sekadar informasi, Honda memang tak memberikan ubahan signifikan pada BR-V 2019, sentuhan ringan hanya terjadi pada beberapa sektor di bagian eksterior dan interior. Sedangkan pada bagian jantung pacu masih sama dengan model sebelumnya.

Sebelum mengulas soal performa, kami terlebih ingin mengulas suasana dari eksterior dan interior Honda BR-V. Honda menyegarkan tampilan BR-V dengan memberikan New Black Front Grille Design, New Front Bumper Design, dan New Front Under Spoiler pada bagian depan.

BACA JUGA: Belum Mengurangi Produksi, Honda BR-V Tidak akan Lama Inden

Untuk memberikan kesan lebih mewah, lampu utama kini sudah menggunakan projector LED DRL, spoiler baru di bagian belakang, serta pelek 16 inci dengan desain baru. Meski terlihat minimalis, tapi bila diperhatikan tampang BR-V jauh lebih segar.

BACA JUGA: Honda BR-V Baru Hadir dengan Ubahan Ringan

Masuk ke bagian kabin, bisa dikatakan interior LSUV berlogo 'H' ini mendapatkan perubahan paling signfikan. Suasana baru ditonjolkan melalui jok baris pertama hingga ketiga yang telah terbungkus material semi sintetis berwarna hitam dengan aksen merah sehingga memberikan kesan elegan dan sport, begitu juga untuk pada bagian dasbor.

Sayangnya, ubahan ini hanya bisa dinikmati pada model Prestige saja, sementara varian lainnya masih dengan fabric.

Selain itu, Honda juga ikut menyematkan beberapa fitur baru yang memberikan kenyamanan bagi pengendara mulai dari one push ignition system memudahkan pengemudi menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan jari sampai AC digital. Dari sistem hiburan, BR-V kini ditunjang dengan layar 8 inci Floating Capacitive Touchscreen yang mengusung fitur Smart Connectivity.

BACA JUGA: Belum Mengurangi Produksi, Honda BR-V Tidak akan Lama Inden

Melalui fitur tersebut, pengendara atau penumpang bisa melakukan koneksi dengan smartphone dengan mudah. Tak lupa perangkat hiburan itu sudah didukung oleh Bluetooth, AUX In dan USB Port. Alhasil perjalanan menuju Jepara makin menyenangkan dengan hiburan baru.

Soal performa, Honda BR-V masih dibekali mesin yang sama yaitu i-VTEC berkapasitas 1.500 cc yang menawarkan tenaga 120 Hp dan torsi 145 Nm. Mesin tersebut terbilang responsif dan cukup baik mengakomodir kebutuhan tenaga baik dari putaran bawah hingga atas.

Kami tidak mengalami kesulitan untuk memancing tenaga Honda BR-V bersama teman media lainnya saat berjalan iring-iringan membelah kemacetan jalur Pantura menuju kota yang terkenal dengan ukiran kayunya itu.

Ketika pedal gas 'dibejek' mesin langsung memberikan respons cepat, membuat putaran bawah BR-V semakin meningkat. Maklum saja kami pun harus mengikuti iringan patwal agar rombongan tidak terputus.

BACA JUGA: Modifikasi Interior Honda Brio: Meracik 3 Warna

Selama diperjalanan, beragam jalan pun disajikan mulai dari jalan tidak rata hingga jalanan mulus. Suspensi pada Honda BR-V 2019 pun mash dapat meredam dengan baik ketika bertemu jalur rusak, namun di bagian belakang suspensinya kami merasakan masih terasa keras.

Honda BR-V 2019 tersedia dalam 6 warna, yaitu Premium Amber Metallic, Coffee Cherry Red Metallic, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Lunar Silver Metallic, dan Taffeta White.

Dengan mengalami perubahan pada bagian eksterior dan interior, Honda BR-V dilepas dengan harga mulai dari Rp 238 juta hingga Rp 262,5 juta untuk varian standar. Sedangkan, untuk varian Prestige dibanderol dengan harga Rp 279,5 juta. (mg9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Honda Akan Ambil Langkah Hukum Lanjutan Terkait Vonis Praktik Kartel Harga Skutik


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler