Teten Masduki Puji Komitmen Perusahaan ini Menggerakkan Transformasi Digital UMKM

Rabu, 06 Oktober 2021 – 23:50 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (kiri) dan Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (kanan) menandatangani Nota Kesepahaman Bersama. Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengapresiasi komitmen dan dukungan MNC Group untuk turut menggerakkan transformasi digital UMKM di Indonesia.

Teten Masduki menyatakan hal tersebut pada penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Kemenkop UKM dengan PT MNC Investama Tbk di Jakarta, Rabu (6/10).

BACA JUGA: Ekspor Produk Jateng Meningkat Tajam, Ekonomi Bangkit

Menurut Teten, UMKM menyerap sekitar 97 persen atau 117 juta tenaga kerja nasional dan berkontribusi 60 persen terhadap total pendapatan domestik bruto Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi komitmen dan dukungan MNC Group untuk turut menggerakkan transformasi digital UMKM di Indonesia," ujar Teten dalam sambutannya.

BACA JUGA: Keturunan Sultan Sebut Aceh Dalam Kondisi Darurat, Minta Bantuan Erdogan

Teten dalam sambutannya juga menyebut banyak para pelaku UMKM memiliki keterbatasan terhadap akses perbankan.

Untuk itu, dia berharap agar kontribusi MotionBanking akan meningkatkan jumlah produksi, omzet, skala usaha dan peningkatan daya saing.

BACA JUGA: Hasil Riset, Banyak ASN Terindikasi Radikal dan Intoleran

“Ditambah lagi kerja sama lainnya dengan promosi melalui media dan e-commerce yang merupakan keunggulan MNC Group. Dengan UMKM go digital, akan membuka peluang lebih besar untuk mendongkrak ekspor karya-karya lokal,” ucapnya.

Sementara itu, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan suatu kehormatan bagi MNC Group ikut andil menjangkau 65 juta UMKM untuk bertransformasi digital.

Caranya, dengan memanfaatkan kekuatan dan fitur teknologi yang dimiliki di bidang media, jasa keuangan, dan e-commerce.

"Kolaborasi SMESCO dengan MotionBanking akan mendorong proses bisnis yang lebih aman, produktif, dan efisien serta memberikan peluang untuk berkembang dengan bantuan pembiayaan," ucapnya.

Hary Tanoe juga berharap pihaknya dapat membantu memajukan UMKM di Indonesia.

Dia optimistis kolaborasi KemenKop UKM dengan MNC Group akan menjadi solusi dari berbagai tantangan yang dihadapi pelaku UMKM dan menyebarkan dampak positif bagi jutaan masyarakat Indonesia melalui ekspansi digital.

Untuk diketahui, UMKM di Indonesia sering menjadi sorotan dalam pembicaraan mengenai perkembangan ekonomi di Indonesia.

Pasalnya, sebagian besar pelaku usaha di Indonesia merupakan pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah.

Masuknya para UMKM ke digital diharapkan bisa memperluas jangkauan pasar, tidak terbatas pada daerah sekitar, melainkan ke seluruh Indonesia hingga lingkup internasional.(gir/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler