Three Lions Fokus Fisik

Jumat, 23 Mei 2014 – 09:16 WIB
Pelatih Timnas Inggris, Roy Hodgson. Getty Images

jpnn.com - ALGARVE - Timnas Inggris berkoar jadi juara Piala Dunia (PD) FIFA yang kedua kalinya di Brasil 2014. Tapi, mereka mesti melewati hadangan Italia, Uruguay serta Kosta Rika terlebih dulu di Grup D. Karenanya, pelatih The Three Lions, Roy Hodgson bakal mempersiapkan betul perjuangan pasukannya jelang duel mati-matian di grup ‘Neraka’ tersebut. Fokus latihan mereka ialah kekuatan fisik dan psikologis harus berada di level 100 persen.

Ya, fokus timnas Inggris mempersiapkan kekuatan fisik serta mental tercermin dalam pemusatan latihan (TC) yang mereka lakukan di Algarve, Portugal, dalam dua hari terakhir. Steven Gerrard dkk terlihat memakai kostum lengan panjang dan jaket tebal (plus kaus dalam dan rompi luar) saat melahap instruksi Roy Hodgson di tengah terik matahari yang menerpa lapangan rumput resor mewah Vale do Lubo.

BACA JUGA: Khawatir Posisi Persib Melorot

Menurut media-media di Inggris, langkah ini diterapkan sang pelatih agar pasukannya merasakan atmosfer yang bakal mereka hadapi ketika menghadapi Italia pada laga perdana PD 2014, 14 Juni mendatang. Diperkirakan, cuaca, suhu dan kelembaban di arena Amazonia, Manaus paling tidak menjurus sama seperti yang dialami dalam TC di Algarve.

Saking seriusnya Hodgson mempersiapkan timnya, dia bahkan mengundang beberapa ilmuwan olahraga dari Universitas Lougborough (Dave Reddin dkk) guna mengambil contoh hasil keringat dari latihan tersebut untuk dianalisis. Selain itu, ahli nutrisi Arsenal dan tim Olimpiade Inggris, James Collins akan memonitor diet dan suplemen makanan.

BACA JUGA: Newey Setia di Red Bull

Collins disebut punya cara efektif mengatasi kelelahan paska latihan dan pertandingan, yakni dengan cara pemulihan fisik elektrolit dalam persiapan jelang laga. Adapun di Algarve, untuk pertama kalinya Hodgson memperkenalkan psikiatris tim Steve Peters kepada skuadnya. Seperti diketahui, Peters adalah salah satu orang dibalik sukses tim balap sepeda Olimpiade Inggris dan Liverpool musim ini.

”Sekarang, kami bekerja dengan berorientasi betul pada ilmu pengetahuan olahraga (sports science) dan kebugaran fisik (fitness). Kesiapan skuad sedang dianalisis dalam kondisi ekstra panas. Ini adalah dalam rangka proses latihan awal kami yang telah dimulai oleh Dave Reddin beserta timnya,” beber Hodgson seperti dilansir Sportsmail.

BACA JUGA: Persib tak Berani Sesumbar Hadapi Singo Edan

”Untuk (Steve) Peters, saya memintanya untuk memperkenalkan diri kepada kami dan dia menyampaikannya lewat cara yang informatif dan benar-benar menghibur. Para pemain tak pernah melewatkan kata-katanya. Dia menceritakan seluruh pengalaman yang pernah dijalani selama hidupnya. Dan itu luar biasa. Saya tidak tahu umurnya berapa, tapi dari apa yang telah diceritakan, mungkin dia kini berusia 150 tahun,” kata Hodgson setengah bercanda.

Hanya saja, hari kedua TC timnas Inggris di Algarve, Rabu (22/5) siang waktu setempat atau malam WIB, tidak diikuti oleh seluruh skuad. Bek Manchester United (MU), Phil Jones yang baru pulih dari cedera bahu baru akan mulai ambil bagian jelang akhir pekan ini. Lalu defender cadangan, John Stones absen karena merasakan sakit pada lututnya.

Sedang kapten tim Tiga Singa, Wayne Roney serta bomber Liverpool, Daniel Sturridge tidak ambil bagian pada bagian kedua latihan. Steven Gerrad pun bilang, meski timnya hanya akan menjalani satu laga di siang hari pada PD 2014 nanti (sisanya satu laga di sore hari dan satu laga di malam hari), tapi tetap metode TC di Algarve bakal berguna sekali dan jadi modal utama mereka.

”Serius, laga di siang hari pada PD 2010 Afrika Selatan amat menyiksa kami akibat panas dan terik matahari. Kami tidak ingin mengulanginya di Brasil. Latihan ini akan berdampak besar pada cara main Anda. Lari sprint untuk jarak jauh bakal lebih sulit. Anda juga butuh jeda lebih banyak untuk bernapas dan minum. Tubuh Anda merasakan ini paska laga, karena telah bekerja keras mendinginkan suhu badan dan berusaha memulihkan kelelahan otot,” tandas Stevie G, sapaan Gerrard. (sbn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hajar Pria di Bar, David Moyes Digarap Polisi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler