Tidak Ada Toleransi Soal Kualitas di UT, Wako Madiun & Tina Toon Mengaku Pernah Mengulang

Selasa, 28 November 2023 – 14:11 WIB
Rektor UT Prof. Ojat Darojat (kedua dari kiri) diapit Wali Kota Madiun Dr. Maidi, S.H., M.M.,M.Pd. dan anggota DPRD DKI Jakarta Agustina Hermanto, S.Kom., S.H., M.H. yang biasa disapa Tina Toon. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wali Kota Madiun Dr. Maidi dan anggota DPRD DKI Jakarta Agustina Hermanto, S.Kom yang biasa disapa Tina Toon didaulat sebagai wisudawan kehormatan Universitas Terbuka (UT).

Uniknya kedua tokoh publik ini ternyata punya kemiripan saat kuliah online di UT. Baik Tina Toon maupun Wako Maidi sama-sama pernah mendapatkan nilai jelek, sehingga diharuskan mengulang kembali.

BACA JUGA: Ditanya Mahasiswa Universitas Terbuka soal Pilgub DKI, Begini Jawaban Cerdas Wako Madiun 

Tina mengaku mendapatkan nilai jelek karena mengerjakan tugas tidak maksimal. Dia melakukan copy paste untuk beberapa bahan tanpa diubah.

"Rupanya dosen saya tahu dan UT punya alat deteksinya, makanya saya dapat nilai buruk dan harus mengulang," kata Tina Toon di sela-sela wisuda UT Pusat Periode 1 Wilayah 2 di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Tangerang Selatan, Selasa (28/11).

BACA JUGA: Rektor UT Diberi Gelar Kanjeng Raden Arya dari Keraton Surakarta Hadiningrat 

Sejak saat itu Tina yang mengambil S1 hukum di UT mengaku kapok dan tidak mau lagi copy paste. Setiap tugas dikerjakan serius sehingga tidak ada pengulangan.

Di mata Tina, UT adalah perguruan tinggi online yang sangat mengutamakan kualitas. UT tidak memandang siapa mahasiswanya. Apakah pejabat negara, selebritas, atau masyarakat biasa.

BACA JUGA: Kemendikbudristek Gencarkan PPG, UT Jadi Partner, Pemda dan Perguruan Tinggi Mendekat

Hal tersebut diakui juga oleh Wako Maidi. Lulusan doktor pertama UT ini mengaku pernah mendapatkan nilai jelek sehingga diminta untuk mengulanginya kembali.

"Tidak ada toleransi dalam hal kualitas di UT, adanya toleransi waktu dan finansial," ujarnya.

Wisudawan UT Pusat Periode 1 Wilayah 2 ini adalah para lulusan Program Doktor, Magister, Sarjana, Diploma dan lulusan Program Pendidikan Guru (PPG) Dalam Jabatan Periode 4 Tahun 2023 yang  hadir berbagai daerah di Tanah Air Indonesia. 

Wisuda UT Pusat kali ini mengambil tema “Bergerak Melayani Bangsa Bersama UT PTNBH”. Tema tersebut sangat relevan, seiring dengan terbitnya Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Terbuka (PTNBH-UT). 

Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyampaikan  jumlah lulusan yang hadir sebagai wisudawan UT Pusat Periode I Wiayah 2 sekitar 2.100 orang. Dimulai dari jenjang diploma, sarjana S1, magister, dan doktoral, serta program PPG. 

"Yang menarik lagi adalah pada momen wisuda kali ini terdapat lulusan pertama program doktoral dan lulusan pertama program PPG, jadi UT telah pecah telur untuk dua program unggulan tersebut," terang Prof. Ojat. 

Terkait PPG, mulai tahun ini UT diberi mandat untuk menyelenggarakan PPG Dalam Jabatan dan Prajabatan. Saat ini lulusan PPG Daljab berjumlah 83 orang dan yang hadir pada wisuda kali ini adalah sejumlah 32 lulusan. 

Selain itu, kata Prof. Ojat, wisuda kali ini terasa istimewa karena ada wako Madiun dan Tina Toon yang ditetapkan sebagai wisudawan kehormatan. Mereka dianggap telah menginspirasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat atas keberadaan UT. 

"Nah, yang melandasi penentuan gelar wisudawan tersebut adalah aspek pengelolaan waktu dan aspek figur tokoh yang dikenal masyarakat," ujar Prof. Ojat. 

Wako Madiun dan Tina Toon, lanjutnya, adalah public figure, tetapi berhasil lulus di antara kesibukannya sebagai pejabat, sebagai anggota dewan maupun selebritas.

Hal itu membuktikan mereka adalah pembelajar tangguh yang mampu mengelola waktu antara kuliah, pekerjaan, keluarga, dan kehidupan sosialnya. 

"Mengapa mereka kuliah di UT? Tentu saja karena metode pembelajaran jarak jauh UT. Kuliah online UT sangatlah fleksibel dan merupakan solusi tepat," ucapnya.

Dia menambahkan UT tepat bagi para working people yang ingin meningkatkan kualifikasi dan kompetensi diri dengan menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

Yang tidak kalah spektakuler, yaitu terdapat wisudawan lulusan terbaik dengan predikat kelulusan Dengan Pujian yaitu diraih oleh Rifqi Pratama (Program Diploma D-III, NIM 041794876),  dari UT Tarakan dengan Prodi D-III Perpajakan, lulus dengan IPK 3,90. 

Satu lagi yang spesial pada momen wisuda kali ini, yaitu pembaca janji wisudawan yang bernama Bijaksabara Hikmawan, mahasiswa S1 Ilmu Pemerintahan Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FHISIP) dari UT Jakarta. 

Selain terkenal sebgai talent digital marketing di unit Direktorat Pemasaran  dan Kerja Sama dan UT Jakarta, Bijaksbara adalah mahasiswa UT pertama yang berhasil menerima Awardee di Korea University pada Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022. (esy/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler