Tidur Kurang dari 7 Jam, Dampaknya Mengerikan

Senin, 30 Oktober 2017 – 19:42 WIB
Tidur. Foto: Meetdoctor

jpnn.com - PAKAR tidur, Matthew Walker memiliki pesan yang sangat serius untuk Anda.

Jika Anda tidur secara teratur kurang dari tujuh jam setiap malam, maka Anda akan memiliki masalah mulai dari penyakit Alzheimer, diabetes hingga depresi.

BACA JUGA: Ketahui Kaitan Olahraga dengan Tidur

Walker mengatakan bahwa tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup adalah wabah kesehatan masyarakat terbesar yang saat ini dihadapi oleh negara maju.

"Semakin pendek Anda tidur, maka semakin pendek umur Anda," kata Walker, seperti dilansir laman Realsimple.

BACA JUGA: Kurang Tidur Ada Efek Bikin Bahagia

Bagaimana kita bisa menghentikannya? Inilah yang Walker ingin semua orang tahu tentang bagaimana tidur bisa memengaruhi kesehatan dan apa yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan keduanya.

Orang sering memberi tahu Walker bahwa mereka merasa baik-baik saja walaupun mereka tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup.

BACA JUGA: Anda Kurang Tidur? Inilah 7 Dampak Buruk Bagi Kesehatan

"Tapi perasaan subyektif Anda tentang bagaimana keadaan Anda saat Anda kurang tidur adalah prediktor yang menyedihkan tentang bagaimana Anda melakukannya secara objektif," jelas Walker.

Lalu ada fakta bahwa kurang tidur, tidak seperti inebriation, biasanya muncul secara bertahap selama bertahun-tahun.

"Mungkin ada saat Anda tidur tujuh atau delapan jam, lalu kehidupan modern dan keluarga serta pekerjaan dan hiburan mulai mencengkeram tidur Anda," tambah Walker.

Skimping atau melewatkan waktu tidur yang normal juga bisa memengaruhi organ tubuh lainnya.

Satu studi yang dilakukan selaman 14 tahun menemukan bahwa pria yang tidur rata-rata selama enam jam atau kurang dalam semalam adalah empat hingga lima kali lebih mungkin menderita serangan jantung.

Kurang tidur juga dikaitkan dengan diabetes, kenaikan berat badan, masalah kesuburan, penurunan imunitas, penyakit Alzheimer dan banyak lagi.

Walker menyarankan agar Anda tidur setidaknya tujuh jam setiap malam dan membandingkan bagaimana perasaan Anda pada akhir minggu.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketahuilah, Kurang Tidur Dapat Berisiko Nyeri Kronis


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler