Victoria mencatat tiga kasus baru virus corona dari transmisi lokal, dan satu kasus di karantina hotel. Sementara negara bagian New South Wales telah mencatat nol kasus virus corona dari penularan lokal dalam 24 jam hingga pukul 8:00 malam tadi, tapi dua kasus baru terkonfirmasi di luar periode pelaporan dan akan dimasukkan dalam laporan besok. Tiga kasus COVID-19 dari transmisi lokal terkonfirmasi dari 32.468 hasil tes yang diterima kemarin di Victoria. Staf kesehatan Victoria dipanggil pulang dari liburan untuk bekerja di pusat tes COVID-19. NSW mencatat nol kasus transmisi lokal hingga pukul 8 malam kemarin, namun ada dua kasus yang terkonfirmasi setelahnya.

 

BACA JUGA: Alat Tes Buatan UGM Diakui Bisa Deteksi Virus Corona dalam Dua Menit

Tiga kasus virus corona baru dari penularan lokal telah dicatat di Victoria dengan ibukota Melbourne, setelah semakin banyak warga yang datang ke tempat-tempat tes COVID-19.

Selain tiga kasus dari transmisi lokal, satu kasus virus terkonfirmasi dari seorang pelancong internasional yang kembali di karantina hotel.

BACA JUGA: Nekat Belajar Tatap Muka, Izin Sekolah Bakal Dicabut, Kepsek Bisa Dicopot

Penjabat Premier Jacinta Allan mengatakan tiga kasus baru yang didapat secara lokal terkait dengan klaster Black Rock, yang telah berkembang menjadi 24 kasus aktif.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (DHHS) mengatakan 32.468 hasil tes telah diterima kemarin, yang diakui Pemerintah Victoria sebagai hal menggembirakan.

BACA JUGA: Semua Rumah Sakit Penuh, Pasien ini Sempat Ditolak

External Link: DHHS tweet

 

Senin pagi (04/01) permintaan tes kembali tinggi, mengakibatkan pusat tes COVID-19 di Melbourne Sports and Aquatic Centre, kawasan Albert Park, mencapai kapasitasnya pada pukul 09:30 pagi.

Fasilitas di Darebin, Chadstone, Sandringham, Greensborough dan Wantirna melaporkan perkiraan waktu tunggu lebih dari tiga jam setelah dibuka.

Waktu tunggu bahkan mencapai lima jam di beberapa lokasi pengujian virus corona di Melbourne pada hari Minggu, saat para pelancong kembali dari NSW mendatangi fasilitas tes yang tersedia. Tenaga kesehatan Victoria dipanggil pulang dari liburan

Otoritas kesehatan telah memanggil para staf pulang dari liburan mereka untuk kembali bekerja guna memenuhi lonjakan permintaan tes.

Ahli epidemiologi Catherine Bennett dari Deakin University mengatakan pihak berwenang seharusnya memiliki staf yang siaga untuk mengantisipasi lonjakan permintaan tes, setelah adanya wabah baru di Sydney,

Kepala pengujian COVID-19 Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, Jeroen Weimar, mengatakan sejumlah besar staf yang telah bekerja selama pandemi pada tahun 2020 telah kembali lebih awal dari cuti akhir tahun untuk meningkatkan kapasitas tes hari ini.

Dia mengatakan akan ada lebih dari 200 pusat pengujian yang dibuka mulai Senin (04/01), dan 99,9 persen orang masih menerima hasil tes mereka dalam waktu 48 jam. External Link: Dan Andrews tweet

 

Kepala negara bagian Victoria, Premier Daniel Andrews mendesak orang-orang untuk menjalani tes dan mengikuti arahan departemen kesehatan untuk membantu negara bagian ini mengatasi wabah.

Dalam twitnya pagi ini, Premier Andrews mengatakan semua warga Victoria "harus bersiap-siap dan segera mengatasi situasi ini".

Jumlah tempat paparan virus, yang diperbarui secara rutin di situs web DHHS, terus bertambah, dengan penata rambut di McKinnon, di tenggara Melbourne, sebagai tempat terbaru yang ditambahkan ke daftar, bersama dengan toko-toko di Camberwell, Lakes Entrance, Bentleigh dan Box Hill South. Nol kasus lokal di NSW Photo: Carly Vandermeer pemilik Vandermeer Hair di Surry Hills dan mengatakan bahwa stafnya telah memakai masker klaster Northern Beaches merebak. (ABC News: Sara Tomevska)

 

Sementara itu negara bagian New South Wales yang beribukota Sydney telah mencatat nol kasus virus corona dari penularan lokal dalam 24 jam hingga pukul 8:00 malam tadi.

Namun, dua kasus baru dicatat di luar periode pelaporan dan akan dimasukkan dalam angka yang dilaporkan besok.

Dari dua kasus yang ditemukan semalam, salah satunya adalah pria berusia 40-an yang mengunjungi BWS di Berala pada 24 Desember.

Yang lainnya adalah seorang wanita berusia 40-an, yang memiliki "beberapa hubungan" dengan BWS dan Woolworths di Berala, kata kepala petugas kesehatan NSW Kerry Chant.

Dr Chant mengajukan meminta siapapun yang mengunjungi BWS atau Woolworths di Pusat Perbelanjaan Berala pada hari Minggu, 20 Desember, antara pukul 12:30 hingga 14:00 untuk segera dites dan mengisolasi diri sampai hasil negatif diterima.

Dr Chant mengatakan "sangat penting" bagi siapapun yang mengunjungi BWS antara tanggal 22 Desember dan 31 Desember, "bahkan untuk waktu yang sangat singkat selama beberapa menit dalam rentang waktu yang tercantum di situs web Pemerintah New South Wales", untuk menjalani tes dan diisolasi selama 14 hari terlepas dari hasil yang diterima. Video: Anti-mask protesters march through Bondi Junction shopping centre (ABC News)

 

Dr Chant juga mengingatkan kembali aturan pemakaian masker yang mulai berlaku hari ini di kawasan greater Sydney.

Menteri Kesehatan Brad Hazzard menyampaikan pesan yang keras untuk orang-orang yang telah menyatakan kekecewaan atau ketidaksukaannya tentang penggunaan masker.

"Jika mereka tidak suka dengan aturan masker, tinggallah di rumah atau di luar," katanya.

"Jangan pergi ke pusat perbelanjaan dan membahayakan orang lain."

Ada 22.275 tes yang dilakukan dalam semalam dan pemerintah NSW akan meningkatkan kapasitas tes hingga 50.000 tes sehari. Resepsi pernikahan langgar aturan, Polisi NSW denda operator gedung

Polisi NSW telah mendenda operator pernikahan di kawasan Fairfield karena melanggar aturan virus corona setelah "sekitar 600 atau 700 orang" menghadiri resepsi pernikahan di Sydney Barat.

Paradiso Receptions dikecam oleh Kepala Kepolisian NSW David Elliott, yang mengatakan hal itu telah "terang-terangan" melanggar perintah. Photo: Steve Naamo (foto tahun lalu) menjalankan Paradiso Receptions yang didenda pada akhir pekan. (ABC News: Mridula Amin )

 

Tempat tersebut seharusnya hanya bisa menampung 350 orang jika mengikuti aturan satu orang per empat meter persegi di dalam ruangan.

Tetapi pernikahan di akhir pekan itu dihadiri hingga 700 orang, mengakibatkan operator tempat menerima denda A$5.000 dari polisi.

"Saya tidak percaya bahwa orang yang sehat di negara bagian ini pada tahun 2021 tidak memahami kewajiban mereka.

"Ini bukan selusin orang yang datang ke makan siang Natal tanpa pemberitahuan, ini dua kali lipat jumlah orang yang diizinkan untuk menghadiri tempat ini."

BACA ARTIKEL LAINNYA... Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, Pemkot Bogor Siapkan Rumah Sakit Lapangan

Berita Terkait