Tiga Kepala Daerah di Sulut Dibidik KPK

Jumat, 04 September 2009 – 19:49 WIB
JAKARTA - Setelah Walikota Manado non-aktif Jimmy Rimba Rogi, siap-siap saja tiga kepala daerah lainnya dari Sulut menyusulSesuai data yang diperoleh JPNN ini dari KPK untuk periode Januari sampai 31 Agustus 2009, saat ini sudah ada tiga kasus yang sedang diselidiki KPK, salah satunya yakni Tomohon.

KPK sendiri mencatat, dalam periode 2004-2009, jumlah pengaduan masyarakat yang masuk adalah sebanyak 441 laporan

BACA JUGA: Polres Bone Incar Pengguna Ijazah Instan

Sedangkan untuk Januari sampai 31 Agustus 2009, sudah ada 52 laporan yang masuk
Rinciannya, yang telah ditelaah sebanyak 32 laporan dan sedang ditelaah 20 laporan.

Menurut Jubir KPK Johan Budi, dari jumlah laporan yang telah ditelaah itu, satu laporan sudah ditindaklanjuti dengan penyampaian surat kepada instansi berwenang

BACA JUGA: Puasa, Stok Darah di PMI Merosot

Sementara tiga laporan masih diteruskan ke internal KPK, sedangkan 24 laporan disampaikan kepada instansi berwenang karena beberapa sebab
Alasannya antara lain bukan TPK (Tindak Pidana Korupsi), TPK namun tidak dilengkapi bukti awal, maupun karena alamat pengadu tak tercantum (tidak "di-file-kan").

"Empat laporan dikembalikan ke pelapor untuk dimintakan keterangan tambahannya, serta berkas-berkas yang masih dalam proses review dan perbaikan hasil review," papar Johan, Jumat (4/9).

Lebih lanjut dikatakan Johan, dari laporan yang ditelaah KPK itu, sebanyak delapan laporan ternyata berindikasi TPK

BACA JUGA: Kasus Langkat Dilaporkan ke Presiden

Sedangkan laporan yang dilimpahkan KPK hanya satu, yaitu ke Bawasda"Untuk laporan yang diteruskan ke internal KPK ada tiga kasusSaat ini sudah masuk tahap penindakan atau penyelidikan," ungkapnya pula.

Soal kasus apa sajakah yang sudah masuk tahap penyelidikan itu, Johan tampak masih enggan membeberkannyaDia hanya menyebutkan kasus Tomohon"Itu belum bisa dibocorkanKecuali Tomohon, ya," katanya.

Sementara itu, salah satu sumber resmi menyebutkan, daerah yang rawan (masuk dalam penyelidikan) tersebut antara lain adalah Minahasa Selatan, Minahasa, Bolmong, serta TalaudSaat hal itu ditanyakan kepada Johan, lagi-lagi dia menolak"Wah, itu saya belum tahuNanti akan tahu sendiri juga, kalau sudah ada pemeriksaan," kilahnya(esy/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pilkada Medan Dijadwalkan Mei 2010


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler