Menjadi lansia kerap disebut sebagai orang terakhir dalam antrian, namun sekelompok lansia menjadi relawan yang berjasa dibalik keindahan Kebun Raya Buronga di New South Wales.Pekan lalu, Bob Sampson memperbaiki jalan setapak di Kebun Raya Buronga ya rusak, sementara pekan ini dia sibuk menempatkan kembali kaca di pintu sebuah lemari yang rusak yang baru saja selesai dia perbaiki. Itulah sebagian dari kegiatan yang dilakukan Bob Sampson, lansia berusia 84 tahun yang merupakan bagian dari sekelompok relawan lansia yang menamakan diri 'The Z Team'. Tim relawan ini terdiri dari sejumlah lansia pensiunan pekerja bangunan, tukang kayu dan perkerja serba bisa lainnya. Setiap hari selasa, para lansia ini bekerja sebagai relawan di Kebun Raya Daratan Australia di Buronga, mereka memperbaiki dan membangun apa saja dan melakukan segala hal untuk menjaga kebun raya tersebut tetap indah dan terawat. "Jumlah kami hanya sedikit ..jadi kami hanya melakukan pekerjaan perawatan apa saja dan beberapa hal lainnya,' cerita Bob. "Rekan kami ada yang memiliki keterampilan sebagai tukang kayu, tukang las dan kebanyakan terbiasa melakukan pekerjaan merawat tanaman, jadi kami melakukan apa saja," tambahnya. 

BACA JUGA: Peta Kebahagian Ubah Suasana Muram Warga Kota di Tasmania

Bob mengatakan mereka menamakan dirinya The Z team, untuk mengaskan identitas mereka sebagai lansia dengan huruf Z yang sudah terpaut jauh dari huruf A atau  The A team.

"Kami orang terakhir yang tersisa dalam antrian, tidak ada lagi kawan-kawan kami yang masih hidup," tutur Bob sambil tertawa.

BACA JUGA: 10 Jenis Makanan dan Minuman yang Merusak Gigi

Bob mulai bergabung sebagai relawan di kebun raya itu sejak 6 tahun lalu setelah isterinya yang juga menjadi seorang relawan bergabung. Isterinya mendesaknya untuk ikut terlibat juga.

Mantan pekerja bangunan ini mengatakan rekan-rekannya sangat bangga dengan hasil karya yang mereka lakukan dalam kegiatan relawan di kebun raya ini.

BACA JUGA: Narkoba Merambah ke Pertambangan Australia Barat

"Saya membersihkan tanaman dan sema dan melakukan semua hal lain dalam merawat tanaman di kebun," katanya.

"Kita melakukan pekerjaan yang cukup bagus dan itu sangat bagus mengingat usia kami sudah tidak lagi muda,"

"Dan sepertinya kami telah melakukan kemitraan yang baik," tambahnya.

Kelompok relawan lansia ini sangat bersemangat mengenai kebun raya, dan menghabiskan waktu  berjam-jam melakukan perencanaan, membangun dan merawat kreasi mereka.

Namun dengan tim yang semua anggotanya adalah pensiunan, Bob mengatakan mereka selalu berusaha merekrut relawan yang berusia lebih muda untuk membantu mereka.

"Kami selalu membutuhkan orang dan kita butuh relawan yang muda, karena kita semua berusia hampir 80 tahunan," katanya.

Sementara mengenai masa depan mereka sendiri di Team Z, Bob mengaku dia berencana untuk tetap menjadi relawan hingga beberapa tahun mendatang.

"Saya berharap bisa terus menjadi relawan, kegiatan ini merupakan satu-satunya hal yang membuat saya merasa bersemangat,"  

BACA ARTIKEL LAINNYA... RUU Pendidikan Tinggi Australia Ditolak Senat

Berita Terkait