Timbangan Biasa saja Tak Cukup, Begini Cara Memeriksa Berat Badan Normal

Selasa, 01 Juni 2021 – 17:02 WIB
Menurunkan berat badan. Foto:Dietsmart

jpnn.com - Apakah berat badan anda sudah ideal? Cobalah ukur dengan kalkulator BMI (body mass index). Ini merupakan cara untuk bisa mengetahui proporti tubuh seseorang normal atau tidak.

Caranya dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat. Ada lima kategori BMI, yaitu underweight, normal, overweight, obese I, dan obese II.

BACA JUGA: Coba Diet Cara ini, Berat Badan Bisa Turun dalam 10 Hari

Anda patut hati-hati jika hasil kalkulator BMI Anda menunjukkan kategori non-normal. Pasalnya, hal ini bisa mengarah ke berbagai potensi penyakit serius di masa depan seperti diabetes sampai stroke.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengidealkan berat badan agar hasil dari kalkulator BMI Anda pun bisa menuju ideal.

BACA JUGA: Mau Turun Berat Badan, Tetapi Tetap Kenyang, Coba Program Diet Ini

Cara sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini untuk mendapatkan berat badan ideal yang menyehatkan.

Jangan Lewatkan Sarapan

BACA JUGA: Diet Satu ini Buat Jantung dan Otak juga Sehat, tak Hanya Berat Badan Ideal!

Melewatkan sarapan tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan. Anda bisa kehilangan nutrisi penting. Tidak makan pada pagi hari pun bisa membuat Anda lebih banyak mengemil sepanjang hari akibat mudah merasa lapar.

Makanlah secara Teratur

Buatlah rencana makan Anda per hari. Jangan melewatkan sekali waktu makan karena hanya akan membuat Anda kelaparan dan mengambil porsi lebih besar pada waktu makan berikutnya.

Makan teratur pada pagi, siang, hingga malam pun membuat metabolisme tubuh lebih lancar sehingga membantu membakar kalori lebih cepat untuk menurunkan berat badan.

Perbanyak Asupan Serat

Anda mungkin kerap merasa kecewa setelah makan teratur, tapi hasil kakulator BMI SehatQ Anda belum berubah menuju ideal.

Anda perlu memperbanyak asupan serat! Serat bisa melancarkan pencernaan dna membuat metabolisme tubuh lebih cepat.

Serat juga mengenyangkan perut Anda sehingga potensi mengemil pun berkurang. Buah dan sayur menjadi sumber serat baik yang sebaiknya Anda konsumsi tiap hari dengan jumlah yang cukup banyak.

Gunakan Piring Kecil

Anda kesulitan mengontrol nafsu makan sehingga berat badan tidak kunjung ideal? Cobalah trik ini! Gantilah piring Anda ke ukuran yang lebih kecil.

Dengan demikian, porsi makanan yang terangkut juga akan lebih minim. Upayakan pula untuk makan secara perlahan agar otak bisa mencerna sinyal tubuh yang sudah kenyang.

Jangan Menyimpan Camilan

Sebaiknya, Anda membuang kebiasaan menyimpan camilan yang bersifat junk food di rumah. Jenisnya ada banyak, mulai dari cokelat, keripik, sampai minuman bersoda. Jika memang mudah merasa lapar, gantilah camilan Anda dengan penganan yang lebih sehat, seperti buah-buahan.

Minum Banyak Air Mineral

Minum air mineral atau air putih adalah tips terampuh untuk menurunkan angka kalkulator BMI Anda, sekaligus membentuk badan. Menurut Obesity Society, minum air setiap hari juga dapat mengecilkan lingkar pinggang.

Kebiasaan ini juga mengubah persentase lemak tubuh seiring waktu. Jadi, biasakanlah untuk minimal mengonsumsi 2,5 liter air putih per hari. Semakin besar berat badan Anda, sebaiknya konsumsi pula lebih banyak air putih.

Olahraga secara Teratur

Menjadi aktif dengan berolahraga secara teratur adalah kunci untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Selain memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, olahraga bisa membantu membakar kalori berlebih yang tidak dapat Anda hilangkan melalui diet saja.

Tidak perlu olahraga berat dan waktu yang lama. Berjalan kaki 30—60 menit dalam sehari selama 5 hari seminggu sudah sangat membantu untuk menurunkan hasil angka kalkulator BMI Anda menuju kategori normal.

Tidur Malam yang Cukup

Menurut National Institutes of Health, mereka yang kurang tidur seringkali cenderung makan lebih banyak daripada yang mereka butuhkan. Ini karena tubuh memerlukan lebih banyak energi.

Oleh karena itu, biasakanlah tidur malam yang cukup minimal 6 jam dalam sehari untuk orang dewasa. Jika bisa 8 jam, itu akan lebih baik! Jika Anda sulit tidur, cari cara untuk merilekskan tubuh, seperti bermeditasi, membaca, melakukan peregangan, bahkan mandi dengan air hangat.

Lakukan berbagai tips di atas secara konsisten. Jangan lupa untuk mengulang penghitungan kalkulator BMI Anda di aplikasi SehatQ. Dijamin Anda akan semringah karena BMI Anda bergerak menuju kategori ideal dari waktu ke waktu. (flo/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler