Tinggalkan Sani, PKPI Pastikan Final Dukung Fasha

Kamis, 02 November 2017 – 03:30 WIB
Kemas Faried Alfarelly, Tim Center Fasha saat mendaftar di penjaringan DPK PKPI Kota Jambi. Hadapi Pilwako PKPI sudah putuskan dukungan. FOTO : FAIZARMAN-JAMBI EKSPRES

jpnn.com, JAMBI - Harapan Abdullah Sani untuk mendapatkan dukungan Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) di Pemilihan Walikota (Pilwako) Jambi sudah dipastikan pupus.

Pasalnya, partai yang dinahkodai Hari Sudarno sudah menjatuhkan pilihan kepada petahana Syarif Fasha.

BACA JUGA: PAN-PDIP Dikabarkan Usung Sani-Izi di Pilwako Jambi

Ketua DPK PKPI Kota Jambi, Fariz Siregar memastikan dukungan partainya sudah final. Keputusan ini diambil setelah melalui pertimbangan matang diinternal partai.

“Dukungan sudah final untuk Sy Fasha. Tidak ada masalah lagi,” ujarnya, Rabu (1/11) kemarin.

BACA JUGA: Mendaftar ke KPU, PKPI Optimistis Tembus Lima Besar Pemilu

Fariz menyebutkan, jika partainya sempat gamang sebelum mengambil keputusan politik. Alasanya, PKPI hanya menjaring tiga kandidat yakni Sy Fasha, Abdullah Sani dan Maulana.

“Kita hanya menjaring tiga kandidat, kemudian prosesnya berjalan hingga kita usulkan satu nama ke DPN,” katanya.

BACA JUGA: PKB dan NasDem Akhirnya Merapat ke Fasha

Anggota DPRD Kota Jambi ini menjelaskan, keputusan juga diambil dengan mengacu pada survei. Sehingga partainya sudah mendapatkan gambaran siapa kandidat yang akan didukung.

“Keputusan ini juga mengacu pada survei. Tapi yang jelas kita tunggu saja putusan resminya dari DPN,” katanya lagi.

Lalu kapan rekoemndasi dikeluarkan? Fariz mengatakan pihkanya sudah berkoordinasi dengan pusat. Hasilnya, kemungkinan besar rekoemndasi dikeluarkan Minggu ini.

“Kemungkinan Minggu ini sudah rampung semua. Nanti akan diserahkan langsung kepada kandidat,” jelasnya.

Fariz menjelaskan, untuk rekomendasi ini tidak dikeluarkan berupa pasangan calon. Karena DPN hanya mengeluarkan satu nama untuk diusung maju ditanah pilih pusako betuah.

“Tidak berpasangan, hanya untuk satu nama saja. Begitu mekanisme di partai kita,” ungkapnya.

Namun demikian, PKPI menyerahkan sepenuhnya keputusan penentuan wakil kepada Sy Fasha. Karena secara subtansi terlihat saat pendaftaran psangan calon di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kita menyerahkan sepenuhnya kepada Sy Fasha. siapa yang dipilih kita lihat saat pendaftaran calon nanti,” sebutnya.

Sebelumnya, Abdullah Sani sudah memberikan sinyal jika peluang PKPI mendukung dirinya makin tipis. Meskipun Sani awalnya sempat menaruh harapan besar disamping mengincar dukungan PKB, NasDem, PAN dan PDI Perjuangan.

Wakil Walikota Jambi ini menyebutkan jika komunikasi dirinya dengan PKPI sudah mengendur. “Wallahu A’alam, tidak ada komunikasi lagi,” katanya.

Namun Sani tetap optimis bisa mendatkan perahu. Karena saat ini dirinya masih menunggu jawaban PAN dan PKB. “Insyaallah PKB. Kalau PAN kita sudah dipanggil,” sebutya.

Bagaimana dengan Wakil? Sani menegaskan, pihaknya sudah mengantongi nama pendamping. Hanya saja dirinya belum bisa membeberkan siapa figure tersebut. “Sudah, tapi belum bisa kita publikasikan,” bebernya.

Sementara itu, Direktur Umum Pemenangan Fasha-Maulana, A Rahman menyambut baik dukungan PKPI. Menurutnya, kahadiran PKPI semakin menambah kekuatan dari koalisi partai.

“Yang sudah positif ada delapan Parpol, salah satunya PKPI. Semoga dalam waktu dekat ini dukungan sudah ditangan kita,” katanya.

Rahman mengatakan kedepan kemungkinan masih ada lagi Parpol yang memberikan dukungnya. Karena November hingga Desember nanti pihaknya menargetkan semua dukungan sudah rampung.

“Insyaalah Desember nanti kita akan deklarasi pasangan dan Parpol pengusung,” pungkasnya. (aiz)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Beginilah Tanggapan Zumi Zola Soal Duet Fasha-Maulana


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler