Tingkat Kepuasan Terhadap Kinerja Ahok-Djarot Meningkat

Kamis, 20 Oktober 2016 – 16:12 WIB
Duet petahana Basuki T Purnama-Djarot Saiful Hidayat. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojudin Abbas menduga tingginya elektabilitas pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dipengaruhi tingkat kepuasan warga DKI terhadap kinerja pasangan petahana tersebut.

"Dari hasil survei yang kami lakukan, 75 persen warga masyarakat menyatakan cukup atau sangat puas dengan kinerja Ahok. Persentase tersebut meningkat lima persen dari survei yang kami lakukan Agustus lalu," ujar Sirojudin ‎saat merilis hasil survei SMRC, Kamis (20/10).

BACA JUGA: Sori, Politikus PPP Ini Pilih Dukung Anies-Sandi

Kepuasan masyarakat kata Sirojudin, juga tercermin dalam hal penilaian pada kondisi sarana dan prasarana yang ada di DKI Jakarta saat ini.

Mayoritas warga menilai kondisi puskesmas atau rumah sakit ‎yang ada sudah cukup baik, yakni 92 persen. 

BACA JUGA: Anies-Sandiaga Pilih Gunakan Logo ketimbang Foto Berdua

Kemudian pelayanan di kecamatan/kelurahan (90 persen), gedung sekolah (90 persen). Lalu air bersih (89 persen), jaringan listrik (89 persen), kondisi jalan (88 persen) dan kebersihan serta pengelolaan sampah (‎80 persen). 

"Yang rendah hanya kondisi kelancaran transportasi (49 persen). Selain itu, langkah-langkah Ahok membenahi Jakarta juga diapresiasi warga. Sekitar 70 persen warga menyatakan puas dengan kinerja Pemprov DKI dalam menangani banjir," ujar Sirojudin.

BACA JUGA: Golkar: Secara Teori WH-Andika Harusnya Menang

Kemudian 79 persen menyatakan puas dengan kinerja Pemprov DKI dalam menangani sampah dan 51 persen menyatakan yakin program beasiswa bagi keluarga miskin berjalan dengan baik.

"Yang masih rendah adalah kinerja Pemprov dalam menangani kemacetan. Hanya 22 persen warga yang menyatakan puas dengan kinerja menangani kemacetan," ujar Sirojudin.

Karena itu tidak heran jika kemudian  45.4 persen responden menyatakan akan memilih Ahok-Djarot jika pilkada digelar saat ini.

Sementara 22.4 persen menyatakan memilih Agus-Sylvi dan 20.7 persen menyatakan akan memilih Anies-Sandi. 

Survei SMRC digelar 1-9 Oktober lalu dengan jumlah responden 648 orang. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling.

Margin of error 3.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ahok-Djarot Masih Jawara, Agus-Sylvi Salip Anies-Sandiaga


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler