Tingkatkan Potensi UMKM, Lazada Gandeng BRI

Jumat, 02 Maret 2018 – 01:17 WIB
Ilustrasi pelaku UMKM di bidang batik. Foto: Kaltim Post/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lazada Indonesia menjalin kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk meningkatkan skala bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di sejumlah kabupaten dan kota.

”Selama satu tahun ke depan, Lazada dan BRI akan berkolaborasi dalam berbagai inisiatif yang mendukung UMKM. Program ini merupakan salah satu bentuk dukungan Lazada atas program pemerintah untuk delapan juta UMKM Go Digital pada 2019,” kata Co-CEO Lazada Indonesia Florian Holm, Rabu (28/2).

BACA JUGA: Eko Yakin Program Ini Bakal Sejahterakan Masyarakat Desa

Holm melanjutkan, tahun lalu Lazada mengunjungi sebelas kota di Indonesia untuk memberikan pelatihan mengenai pemasaran produk secara online kepada ribuan pelaku UMKM.

Tahun ini, selain membawa program #UpgradeUKM bagi UMKM yang baru akan berjualan online, pihaknya juga akan memperkenalkan Lazada University.

BACA JUGA: Dirut Bank Jatim Sebut Potensi Kredit Macet UMKM Kecil

”Ini merupakan fasilitas bagi para UMKM yang sudah menjadi seller Lazada dan siap memaksimalkan potensi pasar e-commerce marketplace lebih jauh,” tambah Holm.

Menurut Holm, potensi bisnis UMKM di Indonesia cukup besar.

BACA JUGA: Lazada Menjadi Distributor Resmi Apple

Sebab, Indonesia memiliki jumlah penduduk usia produktif yang besar.

Mereka juga memegang peran penting dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, baik sebagai pelaku usaha UMKM maupun penyedia jasa lain terkait industri digital.

”Jadi, kami membantu UMKM agar dapat mengembangkan usahanya secara online, merupakan fokus kami tahun ini,” ungkap Holm.

Sementara itu, BRI adalah bank BUMN yang fokus pada pengembangan UMKM.

Sepanjang 2017, Bank BRI telah menyalurkan Rp 69,4 triliun dana kredit usaha rakyat (KUR) kepada lebih dari 3,7 juta debitor baru.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 41 persen telah digunakan untuk sektor produktif.

”Pemberdayaan UMKM di Indonesia perlu didukung dari berbagai sisi, mulai kemudahan akses pembiayaan hingga upaya peningkatan kapasitas serta kapabilitas mereka,” papar Direktur Hubungan Kelembagaan BRI Sis Apik Wijayanto. (ken/c10/sof)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sandi Upayakan Izin UMKM Mudah


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
UMKM   Lazada   BRI  

Terpopuler