Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan 5 Makanan Sehat Ini

Selasa, 25 Oktober 2022 – 06:03 WIB
Yoghurt. Foto hello sehat

jpnn.com, JAKARTA - CUACA yang tidak menentu dan pandemi yang belum mereda membuat kita semua harus memiliki sistem imun tubuh yang sehat.

Memiliki sistem imun tubuh yang kuat sangat tergantung pada kemampuannya untuk membedakan antara sel asing dan sel inang.

BACA JUGA: Anda Ingin Meningkatkan Suasana Hati, Jangan Ragu Mengonsumsi 4 Makanan Sehat Ini

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa setiap kali suatu organisme dalam tubuh terancam oleh mikroorganisme, virus, atau sel kanker, sistem imun tubuh bertindak cepat untuk melindunginya dari ancaman semacam itu.

Jadi, aman untuk mengklaim bahwa tanpa sistem kekebalan, tubuh kita akan terbuka dari serangan bakteri, virus, parasit, dan banyak lagi.

BACA JUGA: 3 Kandungan Jambu Biji dan Manfaatnya Untuk Sistem Imun Tubuh

Begitu pentingnya sistem imun tubuh sehingga tidak hanya melindungi tubuh kita dari materi asing apa pun yang bisa mengakibatkan kerusakan, tetapi juga penting untuk kelangsungan hidup kita.

Bagaimanapun, penting untuk dicatat bahwa sistem imun tubuh kita harus sehat setiap saat agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

BACA JUGA: 4 Makanan Sehat yang Aman Dikonsumsi Penderita Batu Empedu

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Pulse.ng.

1. Madu

Banyak orang tahu bahwa madu merupakan makanan sehat yang telah digunakan sebagai obat flu selama berabad-abad.

Madu yang dikenal manis, kaya akan antioksidan yang bisa membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan, infeksi telinga, dan batuk.

Serta mempercepat proses penyembuhan luka, memperkuat sistem pencernaan, serta meningkatkan sistem imun tubuh.

Penelitian juga menunjukkan bahwa madu adalah pembangkit tenaga antioksidan, yang sangat efektif untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

Jadi, disarankan untuk memulai hari Anda dengan menambahkan sesendok madu dan jus lemon (dari setengah lemon) ke secangkir air hangat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

2. Yoghurt

Yogurt telah terbukti menjadi sumber vitamin D yang hebat. Vitamin D tidak hanya mengatur sistem kekebalan tubuh, tetapi juga membantu meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit.

Cobalah untuk mengonsumsi yoghurt tawar daripada jenis yang sudah diberi rasa dan sarat dengan gula.

3. Bawang merah

Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang merah dikemas dengan nutrisi peningkat kekebalan tubuh seperti selenium, senyawa belerang, seng, dan vitamin C.

Selain itu, mereka adalah salah satu sumber quercetin terbaik, flavonoid kuat, dan antioksidan yang memiliki sifat antivirus serta efek pengaturan histamin.

Selain itu, bawang membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL, meningkatkan relaksasi otot polos pembuluh darah, mencegah pembentukan gumpalan, dan bahkan membantu menurunkan gula darah.

4. Bawang putih

Terlepas dari fakta bahwa bawang putih kaya akan antioksidan, dan memiliki banyak sifat antibakteri dan antivirus, penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Anggota keluarga bawang merah yang pedas ini mengandung beberapa senyawa, termasuk allicin yang memiliki sifat antivirus, antijamur, dan antibakteri.

Bersama-sama mereka membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda sepanjang musim dingin dan flu.

5. Air

Ketika datang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pentingnya air tidak bisa terlalu ditekankan.

Salah satu manfaat air minum adalah hidrasi yang cukup memiliki dampak besar pada sistem kekebalan tubuh Anda.

Air membantu semua sistem tubuh Anda berfungsi pada tingkat optimal, karena minum banyak air membuang racun dan memastikan sel-sel Anda mendapatkan semua oksigen yang mereka butuhkan untuk berfungsi sebagaimana mestinya.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler