Tingkatkan UMKM, LaNyalla Dukung Kerja Sama DPD RI dengan HIPMIKINDO

Senin, 12 April 2021 – 19:30 WIB
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti beraudiensi dengan pengurus HIPMIKINDO, Senin (12/4). Foto: humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyambut baik usulan kerja sama lembaga negara yang dia pimpin dengan Himpunan Pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah Indonesia (HIPMIKIMDO).

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan perekonomian usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tanah air.

BACA JUGA: Ketua DPD Berharap Tradisi Karapan Sapi di Madura jadi Atraksi Kelas Dunia

"Saya setuju kerja sama antara HIPMIKINDO dengan DPD RI," ucap LaNyalla saat audiensi dengan HIPMIKINDO di Nusantara III Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (12/4).

Selain itu, LaNyalla juga mendukung visi dan misi organisasi itu untuk memajukan UMKM di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Rachman Thaha Sentil Oknum Komisaris Pelni soal Larangan Ceramah, Kalimatnya Tajam

Senator asal Jawa Timur tersebut juga berpesan bahwa organisasi itu beserta seluruh anggotanya harus terdaftar di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia sebagaimana amanat undang-undang.

"Jadi, untuk saat ini HIPMIKINDO harus mendaftar dulu ke Kadin. Banyak juga organisasi seperti HIPMIKINDO tetapi tidak terdaftar di Kadin," ujarnya.

BACA JUGA: Pembubaran Aksi Kuda Kepang Ricuh, 10 Orang Jadi Tersangka, IB Masih Diburu

LaNyalla juga meminta agar organisasi itu tidak hanya fokus dalam perekrutan anggota, tetapi juga kepada UMKM dan menggandeng kementerian terkait.

"Kalau anggota tinggal digerakkan saja. Jadi, saya pikir harus cari yang fokus, seperti menempel pada kementerian terkait,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komite II DPD RI Bustami Zainudin menyebut DPD RI bisa bermitra dengan HIPMIKINDO untuk mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah demi kepentingan masyarakat.

Ia menilai saat ini pemerintah jarang melibatkan organisasi atau asosiasi untuk menangani soal teknis UMKM.

"Seharusnya pemerintah bisa terjun langsung. Negara harus melibatkan asosiasi untuk membina para UMKM,” harapnya.

Ketua Umum HIPMIKINDO Laurensius Manurung menjelaskan organisasinya merupakan wadah pengusaha mikro dan menengah yang berada di seluruh provinsi.

Pihaknya juga telah melantik 28 dewan pimpinan daerah, dan 514 dewan pimpinan cabang di kabupaten/kota. "Jadi 64 juta UMKM di Indonesia bisa menggerakkan perekonomian," ucap Laurensius.

Dia mengatakan UMKM saat ini mendapatkan guncangan akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu dia berharap ke depan UMKM bisa bangkit dan dapat bersaing di internasional.

"Kami tersebar di seluruh daerah. Kami berharap bisa berkembang dan berkontribusi nyata untuk Indonesia. Kami juga berharap DPD RI bisa berpartisipasi atau bekerja sama dengan HIPMIKINDO," harap Laurensius. (*/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler