Tinjau Lokasi Bencana Alam di NTT, Panglima TNI dan Kapolri Tekankan Distribusi Bantuan Tepat Sasaran

Kamis, 08 April 2021 – 23:15 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (8/4/2021). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, Kamis (8/4/2021).

Panglima TNI dan Kapolri untuk mengecek secara langsung korban bencana alam sekaligus memastikan distribusi bantuan tepat sasaran yakni sampai kepada para pengungsi.

BACA JUGA: Fraksi PKS Serahkan Bantuan untuk Masyarakat Korban Bencana di NTT dan NTB

Beberapa wilayah yang menjadi titik peninjauan Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan di antaranya Maumere ibu kota Kabupaten Sikka dan Kelurahan Weiwerang di Kabupaten Lembata.

BACA JUGA: Beri Sumbangan dan Bantuan untuk Korban Bencana lewat NTT Youth Project

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI dan Kapolri meninjau Jembatan Waiburak yang hancur terkena banjir,. Kemudian dilanjutkan menuju ke tempat pengungsian yang berada di Sekolah Man Weiwerang yang menjadi lokasi dapur lapangan.

Selain meninjau langsung lokasi bencana, Panglima TNI juga membawa bantuan untuk korban bencana alam di NTT dan NTB.

BACA JUGA: Human Initiative Luncurkan Program Ramadan, Nih Agendanya

Sebelumnya, Panglima TNI telah mengerahkan Alutsista TNI seperti KRI Oswald Siahaan (OWA)-354 dan pesawat Hercules C-130 dalam rangka mengangkut bantuan dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sosial RI menuju lokasi bencana di NTT dan NTB.

Pengerahan KRI dan pesawat angkut berat serta prajurit TNI ke wilayah bencana alam di NTT dan NTB merupakan bagian dari operasi militer selain perang. Hal ini menjadi salah satu tugas pokok TNI.

TNI juga memberangkatkan Batalyon Zeni dari Kodam IX/Udayana Bali dan Kodam XIV/Hasanuddin Makassar untuk membantu membersihkan lokasi banjir bandang sekaligus melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi.(fri/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler