Tips Belajar Menghadapi Seleksi Kompetensi PPPK 2023, Peluang Lolos Besar

Senin, 09 Oktober 2023 – 09:00 WIB
Ilustrasi seleksi kompetensi PPPK. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Seleksi kompetensi PPPK 2023 akan dimulai pada 8 November mendatang. Namun, ada baiknya para peserta mulai menyiapkan diri agar hasilnya maksimal, apalagi persaingan cukup ketat..

Hingga saat ini, jumlah pelamar PPPK 2023 sudah mencapai 1.362.296 orang.

BACA JUGA: Jumlah Guru Honorer Pelamar PPPK 2023 Lebih Sedikit Dibanding Formasi, Mengapa?


Jadwal pelaksanaan seleksi PPPK 2023 yang dikeluarkan BKN. Foto tangkapan layar

Dari total tersebut, jumlah pelamar yang sudah melakukan pendaftaran PPPK guru sebanyak 396.221 orang.

BACA JUGA: Kapan PP PPPK Turunan UU ASN Baru Diterbitkan? Menteri Anas Kasih Bocoran

Kemudian, pelamar PPPK tenaga kesehatan 344.528 orang, dan PPPK teknis 620.447 orang.

Jika Anda berencana untuk mengikuti seleksi PPPK 2023, berikut adalah beberapa tips dan sumber belajar yang efektif dari CEO Aplikasi JadiPPPK Alif Hijriah, untuk membantu Anda mempersiapkan diri dengan baik.

BACA JUGA: Heboh Mentan SYL Diduga Diperas Pimpinan KPK, Jokowi Berkata Begini

1. Pahami Jenis Tes PPPK

Tes PPPK terdiri dari beberapa jenis tes, termasuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Setiap jenis tes memiliki materi yang berbeda, oleh karena itu, penting untuk memahami jenis-jenis tes ini agar Anda dapat belajar dengan lebih efektif.

2. Gunakan Sumber Belajar yang Tepat

Untuk mempersiapkan diri dengan baik, Anda memerlukan sumber belajar atau memilih bimbel PPPK 2023 yang tepat. Ada berbagai buku dan sumber belajar online yang dapat membantu Anda memahami materi tes PPPK. Pastikan untuk memilih sumber belajar atau Bimbel PPPK yang terpercaya dan sesuai dengan jenis tes yang akan anda ikuti.

Menurut Alif, sumber belajar yang tepat dapat membantu Anda memahami soal tes PPPK dengan mudah. Ia mengatakan, sudah banyak platform online yang bisa membantu calon pelamar belajar memahami soal tes. Aplikasi JadiPPPK bisa menjadi salah satu opsi.

Karena, menurutnya, aplikasi ini cocok bagi pelamar yang sibuk dan tidak memiliki waktu luang yang banyak. 

“Ada ratusan Paket Latihan Soal PPPK 2023 Soal yang kami sediakan sudah disesuaikan dengan soal PPPK 2023 latsol ini cocok buat kalian yang sibuk, hanya meluangkan waktu 10 menitan saja untuk mengerjakannya," tuturnya, Senin (9/10).

3. Ikuti Kursus Persiapan PPPK

Kursus persiapan tes PPPK dapat menjadi pilihan yang baik, terutama jika Anda membutuhkan panduan dan bimbingan langsung dari instruktur yang berpengalaman. Kursus ini biasanya menyediakan simulasi tes dan latihan soal yang dapat membantu anda familiar dengan format tes sebenarnya.

Lembaga kursus yang banyak diminati saat ini adalah kursus daring. Selain efektif, dengan kursus secara daring bisa memangkas biaya yang lumayan. 

Salah satu lembaga kursus daring, JadiPPPK, misalnya menawarkan harga yang cukup terjangkau. Sekali mendaftar peserta hanya dikenai tarif Rp 100 ribu.

“Aplikasi JadiPPPK bisa diunduh di Playstore atau App Store. Saat ini sedang ada promo potongan harga,” ujarnya.

Dengan modal investasi tersebut, calon pelamar bakal mendapatkan fitur-fitur latihan soal, kelas online, hingga tryout. Saat ini, kata Alif, aplikasi JadiPPPK sudah membantu ribuan peserta lolos PPPK. Sudah diakses oleh 60 ribu pejuang CPNS se-Indonesia.

4. Berlatih Mengerjakan Soal

Salah satu kunci kesuksesan dalam tes PPPK adalah berlatih mengerjakan soal-soal latihan. Anda dapat menemukan soal-soal latihan online atau menggunakan buku-buku latihan khusus untuk tes PPPK. Berlatih secara rutin akan membantu Anda meningkatkan kemampuan menjawab soal dengan cepat dan tepat.

Alif mengatakan salah satu belajar yang efektif untuk mempersiapkan diri menghadapi tes PPPK adalah dengan berlatih mengisi soal dengan cepat dan efektif. Menurutnya, aplikasi JadiPPPK memberikan metode blajar mengisi soal dengan efektif.

“Ratusan paket latihan soal (Latsol) PPPK 2023 Soal yang kami sediakan sudah disesuaikan dengan soal PPPK 2023 Latsol ini cocok buat kalian yang sibuk, hanya meluangkan waktu 10 menitan saja untuk mengerjakannya,” kata Alif.

5. Atur Jadwal Belajar Anda

Tentukan jadwal belajar yang teratur dan konsisten. Cobalah untuk mengalokasikan waktu setiap hari untuk belajar, berlatih soal, dan memahami materi. Ini akan membantu Anda memaksimalkan persiapan. Berlatih tidak hanya di lembaga Bimbel PPPK, bisa juga dilakukan di rumah.

6. Jaga Kesehatan dan Kondisi Fisik

Selain belajar, penting juga untuk menjaga kesehatan dan kondisi fisik Anda. Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup, makan dengan baik, dan tetap aktif secara fisik. Kesehatan yang baik akan membantu Anda tetap fokus dan berenergi selama persiapan tes dan saat mengikuti tes sebenarnya.

Ingatlah bahwa persiapan tes PPPK memerlukan komitmen dan usaha yang konsisten.

"Dengan persiapan yang baik dan sumber belajar yang tepat, Anda akan memiliki peluang lebih baik untuk berhasil dalam tes PPPK 2023," pungkas Alif Hijriah. (esy/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler