Tips Cari Kerja Setelah Resign saat Lebaran

Sabtu, 15 April 2023 – 12:29 WIB
Tips mencari pekerjaan baru setelah Lebaran bagi pemula dan profesional. Simak selengkapnya! (Ilustrasi). Foto dok Agincourt Resources

jpnn.com, JAKARTA - Lebaran kerap menjadi momentum bagi karyawan yang memutuskan resign atau mengundurkan diri dari pekerjaannya.

Banyak yang memutuskan untuk resign karena menunggu Tunjangan Hari Raya (THR) cair, melihat peluang lowongan kerja yang banyak dibuka, hingga mencari tantangan kerja baru.

BACA JUGA: BP2MI Teken Perjanjian Kerja Sama dengan Pemda dan Sejumlah Lembaga, Berikut Datanya

Akan tetapi mencari pekerjaan baru tidak selalu mudah karena berbagai alasan.

Untuk memaksimalkan kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan baru, JobStreet membagikan sejumlah tips bagi karyawan yang akan mencari pekerjaan baru pasca-resign setelah lebaran. 

BACA JUGA: Lewat Cara Ini, BPJS Ketenagakerjaan & Semen Padang Berkomitmen Perkuat Kerja Sama

Berikut empat tips tersebut sebagaimana dikutip melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

1. Lakukan riset

Langkah ini penting dilakukan sebelum memutuskan untuk melamar ke sebuah perusahaan.

Dengan melakukan riset, anda dapat terlihat menjadi kandidat terdepan dengan pengetahuan yang baik mengenai perusahaan serta jabatan yang dilamar.

2. Perbarui CV

Pastikan Anda melakukan pembaruan atau update CV sesuai dengan jabatan pekerjaan Anda sebelumnya. Jangan lupa, siapkan pula cover letter yang menarik agar mudah dilirik oleh perekrut.

Bisa menambahkan beberapa keyword atau kata kunci yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda sehingga dapat menarik perhatian perekrut dengan mudah.

3. Perbarui dan lengkapi profil JobStreet

Pelamar juga perlu melakukan pembaruan ataupun melengkapi data serta pencapaian terbaru yang Anda dapatkan di kantor sebelumnya di halaman profil JobStreet.

Hal ini tentunya juga dapat mempermudah perekrut untuk melakukan seleksi terhadap kandidat terbaik yang cocok dengan perusahaan mereka.

4. Lakukan follow-up kepada HR

Follow-up mandiri kepada perekrut dengan menanyakan kelanjutan atau hasil akhir dari rekrutmen terhadap jabatan yang Anda lamar.

Terapkanlah etika komunikasi yang baik dan sopan, serta pada waktu yang sesuai. Hal ini dapat memperlihatkan bahwa Anda adalah kandidat yang profesional dan dapat membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan perekrut kerja.(mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler