Tips Cerdik dan Aman Membeli Pulsa Online

Rabu, 02 Oktober 2019 – 14:08 WIB
Handphone Nokia. Foto: YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Ditengah banyaknya tanggung jawab pekerjaan, sebagian orang mungkin tidak merasa memiliki waktu untuk membeli pulsa di konter. Padahal, kebutuhan akan pulsa cukup penting agar kegiatan sehari-hari dapat berjalan dengan semestinya.

Jika hal tersebut Anda alami, mungkin Anda bisa mulai memikirkan untuk beralih melakukan beli pulsa online. Dengan melakukan pengisian pulsa dan paket data melalui internet, Anda dapat merasakan kepraktisan proses transaksi serta harga pulsa yang lebih bersaing.

BACA JUGA: Bacalah, Penipuan Bermodus Nomor Token Listrik dan Pulsa HP

Namun, sebagian masyarakat mungkin merasa ragu saat melakukan pembelian pulsa secara online. Selain karena belum memahami proses transaksinya, membeli pulsa secara online juga dirasa memiliki risiko penipuan yang cukup besar.

Nah, bagi Anda yang masih memiliki pemikiran seperti itu, beberapa tips berikut ini mungkin dapat meyakinkan Anda untuk melakukan pulsa secara online. Dijamin, risiko mengalami penipuan saat membeli pulsa online dapat lebih mudah Anda hindari.

BACA JUGA: Kok Kepala Kantor Kemenag Minta Pulsa ke Annisa?

1. Pilih Konter Pulsa Online dengan Reputasi Positif

Di tengah perkembangan teknologi dan pengguna internet, layanan pembelian pulsa secara online kian hari semakin meningkat. Tak ayal banyak dari masyarakat yang bingung memilih website isi ulang pulsa yang terpercaya dan bukan abal-abal.

BACA JUGA: Merugi hingga Ratusan Juta, Agen Pulsa Perkarakan Telkomsel

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan memilih toko atau aplikasi pulsa online yang memiliki banyak testimoni positif dan reputasi yang baik. Caranya adalah dengan melihat forum Facebook atau situs review toko online mengenai layanan pulsa online yang ingin Anda gunakan.

Beberapa aplikasi isi pulsa online bahkan bisa Anda temukan di Playstore dan dapat diunduh secara gratis seperti aplikasi cermati, sepulsa, blibli dll. Jadi, Anda dapat melihat respon pengguna mengenai aplikasi isi pulsa tersebut. Jika mayoritas memberikan penilaian yang positif, maka besar kemungkinan bahwa situs atau aplikasi isi pulsa tersebut terpercaya.

2. Melihat Nama Pemilik Rekening saat Melunasi Pembayaran

Pada umumnya, proses transaksi yang harus Anda lakukan saat membeli pulsa secara online adalah memasukkan nomor telepon dan memilih nominal pulsa yang diinginkan. Setelah itu, Anda tinggal membayarnya melalui ATM ataupun e-banking.

Melalui kegiatan transfer dana tersebut, Anda dapat melihat nama pemilik rekening yang akan dituju tersebut. Biasanya, penyedia layanan isi pulsa online memiliki informasi identitas yang jelas dan tidak disamarkan. Jika nama pemilik rekening tidak tercantum atau dirasa mencurigakan, ada baiknya bagi Anda untuk membatalkan proses transaksi pembelian pulsa tersebut.

Anda juga dapat melakukan pembelian pulsa dengan nominal yang rendah terlebih dahulu untuk mengecek keaslian dari layanan isi pulsa online yang akan digunakan. Jika proses transaksi berjalan dengan lancar dan sesuai dengan kebutuhan Anda, tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai langganan mengisi pulsa secara online. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi saat ingin melakukan pengisian pulsa dengan cara daring dilain waktu.

3. Jangan Mudah Tergoda dengan Harga yang Tidak Masuk Akal

Seiring dengan berjalannya waktu, penyedia layanan pengisian pulsa secara online akan semakin menjamur. Bukan tidak mungkin jika persaingan di bidang bisnis tersebut juga akan menjadi semakin ketat. Alhasil, para penyedia layanan isi pulsa online akan mulai melakukan kegiatan promosi dengan berbagai cara.

Namun, saat Anda melihat distributor pulsa yang menawarkan harga yang jauh lebih rendah, ada baiknya untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu atas keaslian layanan. Misalnya pulsa XL Rp 30.000,- dijual dengan harga Rp 10.000,- saja,Saat sebuah penyedia layanan pengisian pulsa online memberikan harga yang tidak masuk akal, besar kemungkinan bahwa jasa yang mereka tawarkan adalah penipuan.

Jika menemui hal tersebut, Anda bisa menggali informasi mengenai keaslian dan review pengguna distributor pulsa tersebut. Saat dirasa meyakinkan dan banyak pengguna yang merasa puas dengan layanan yang diberikan, tidak ada salahnya untuk beralih ke layanan pulsa daring tersebut. Jadi, pengeluaran Anda untuk membeli pulsa akan menjadi semakin terjangkau.

4. Lihat Alamat dan Nomor Telepon Penyedia Layanan Isi Pulsa Online

Untuk melihat keaslian penyedia layanan isi ulang pulsa online, Anda dapat melihat alamat serta nomor telepon yang tertera pada situs atau aplikasi yang bersangkutan. Biasanya, penyedia layanan isi pulsa online setidaknya memiliki nomor layanan customer service yang dapat dihubungi.

Jika situs isi pulsa yang Anda temukan memiliki nomor customer service, besar kemungkinan bahwa layanan tersebut asli dan dapat dipercaya. Namun, jika Anda tidak menemukan nomor telepon yang jelas, Anda dapat memeriksa alamat kantor layanan isi pulsa online tersebut.

Anda dapat melakukan pengecekan melalui Google Maps dan melihat apakah alamat tersebut asli atau tidak. Jika Anda tidak dapat menemukan alamat yang tercantum pada situs isi pulsa tersebut atau alamat yang diberikan tidak jelas, tidak ada salahnya untuk mencari layanan yang lainnya. Dengan begitu, risiko penipuan saat isi pulsa secara online akan lebih kecil Anda alami.

Isi Pulsa secara Online Aman Asalkan Cermat dalam Memilih Layanan

Membeli pulsa secara online bagi sebagian orang memang dirasa lebih berisiko ketimbang saat melakukan transaksi di konter pulsa konvensional. Padahal, ada beragam cara yang bisa Anda lakukan agar keaslian layanan isi pulsa online dapat dipastikan. Untuk itu, lakukan tips yang telah disebutkan diatas agar transaksi pengisian pulsa online Anda dapat berjalan dengan lancar dan jauh dari tindak kejahatan penipuan.


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler