Tips KemenPAN-RB agar Pelamar CPNS 2022 Lulusan SMA Bisa Lolos Seleksi

Minggu, 10 April 2022 – 09:57 WIB
KemenPAN-RB memberikan tips agar pelamar CPNS 2022 dari lulusan SMA bisa lolos seleksi. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyampaikan pendaftaran CPNS 2022 jalur sekolah kedinasan sudah dibuka sejak Sabtu (9/4) pagi pukul 09.22 WIB.

Jalur sekolah kedinasan ini diperuntukkan bagi lulusan SMA sederajat.

BACA JUGA: Pesan Penting dari KemenPAN-RB untuk Pelamar CPNS 2022, Mohon Disimak Baik-baik!

"Para pelamar bisa mendaftar melalui portal Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan pada tautan https://dikdin.bkn.go.id/," kata Deputi bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB Alex Denni di Jakarta, Sabtu (9/4).

Dia mengungkapkan sebanyak 7.080 formasi yang tersedia di 30 sekolah kedinasan.

BACA JUGA: Kuota CPNS 2022 Khusus Lulusan SMA Sebanyak 7.080, Pelamar Wajib Cermat 

Sama seperti tahun sebelumnya, kebijakan pelamar hanya bisa mendaftar pada satu dari 30 sekolah yang tersedia masih berlaku.

Dia mengingatkan kepada setiap pelamar untuk menyiapkan diri dengan semaksimal mungkin. Salah satunya adalah dengan memahami alur seleksi sekolah kedinasan serta syarat dan ketentuan.

BACA JUGA: Tips Berpuasa Saat Demam, InsyaAllah Aman

Sebelum mendaftar, pastikan pelamar mencermati dan memahami setiap syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh masing-masing sekolah.

"Jangan sampai gagal di tahap pendaftaran hanya karena kurang teliti,” ujar Deputi Alex.

Alex menyampaikan bahwa bahwa peserta bisa mempelajari ketentuan mengenai seleksi sekolah kedinasan yang tertera pada PermenPAN-RB No. 20/2021 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga.

"Untuk informasi mengenai syarat dan ketentuan dari masing-masing sekolah kedinasan dapat dilihat pada https://dikdin.bkn.go.id/daftarInstansi," ucapnya.

Terkait dengan tata cara serta prosedur pendaftaran, lanjut Alex Denni, pelamar bisa membaca Buku Petunjuk Sekolah Kedinasan Tahun 2022 yang tersedia di portal Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan.

Pelamar juga bisa mencermati pertanyaan yang sering diajukan pada menu FAQ.

"Pelamar memiliki waktu selama 22 hari untuk melakukan proses pendaftaran. Pelamar bisa mengirimkan pendaftaran terakhir pada Sabtu, 30 April 2022 pukul 23.59 WIB," pungkasnya. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Berita Terpopuler: Jokowi Teken Perpres Baru, Link Pendaftaran CPNS 2022 Dibuka Hari Ini


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler