Tips Meminta Maaf yang Efektif

Rabu, 11 Mei 2016 – 02:57 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Care2

jpnn.com - Meminta maaf dan mengakui kesalahan bukanlah perkara yang mudah. Sulit tapi bisa kita lakukan dan harus dilakukan. Meminta maaf itu ada seninya dan caranya. Kalau sekadar ucapan pemanis bibir tanpa ada niat sungguh-sungguh mengatakannya, percuma saja. Maaf itu akan kehilangan maknanya.

Para peneliti dari The Ohio State University dan Eastern Kentucky University telah menemukan bahwa permintaan maaf yang efektif memiliki enam elemen:

BACA JUGA: Anda Takut Saat Bercinta? Ini Solusinya

1. Ekspresi penyesalan.

2. Penjelasan dari apa yang salah.

BACA JUGA: Manfaat Operasi Penurunan Berat Badan

3. Pengakuan tanggung jawab.

4. Deklarasi pertobatan.

BACA JUGA: Apakah Kuku Anda Mengalami Perubahan Seperti Ini? Waspadalah

5. Penawaran perbaikan.

5. Permintaan maaf.

Jadi, katakanlah misalnya Anda makan kue seseorang dan mereka marah pada Anda. Ini adalah trick permintaan maaf yang harus Anda lakukan: Saya sangat menyesal saya makan kue Anda (1), saya pikir itu karena saya punya yang serupa (2); Ini benar-benar kesalahan saya (3); dan saya menyesal melakukannya (4); Saya akan segera membeli Anda kue lain (5); Saya harap Anda bisa memaafkan saya (6).

Para peneliti melakukan dua percobaan terpisah yang melibatkan 755 orang, untuk menguji reaksi mereka terhadap elemen-elemen ini.

Apa yang mereka temukan adalah bahwa permintaan maaf yang ideal harus berisi semua enam elemen ini, namun ada dua hal utama yang harus Anda lakukan, mengakui tanggung jawab (3) dan menawarkan untuk memperbaiki situasi (5).

“Temuan kami menunjukkan bahwa komponen yang paling penting adalah pengakuan dari tanggung jawab. Katakanlah itu adalah kesalahan Anda, bahwa Anda membuat kesalahan," kata pemimpin peneliti, Roy Lewicki, seperti dilansir laman News.Osu.Edu, Senin (9/5).

Ekspresi penyesalan (1), penjelasan tentang apa yang salah (2); dan deklarasi pertobatan (4),  berada ditempat kedua.

Penelitian ini diterbitkan dalam the Journal Negotiation and Conflict Management Research.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Soal #ibuibuHOT, Ini Kata Penyiar Cantik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler