Tips Mengatasi Diabetes Selama Kehamilan

Senin, 19 Desember 2016 – 10:35 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - MASA kehamilan merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Terkadang Anda akan merasa sangat bahagia, namun kadang juga merasa khawatir akan kehadiran calon bayi.

Terlebih, jika sang ibu mengidap diabetes.

BACA JUGA: Smartphone Bisa Menggangu Waktu Tidur Malam Anda?

Namun jangan khawatir, berikut beberapa tips mengatasi diabetes selama kehamilan, seperti dilansir laman Fox News, Minggu (18/12).

1. Temui dokter sebelum Anda hamil.

BACA JUGA: Dipanasi Dulu, Baru Ditempel, Lanjut Mandi Susu

Jika memiliki diabetes dan berencana untuk hamil, Anda harus berbicara dengan dokter untuk memastikan tingkat A1C normal. Bicarakan tentang obat jika diperlukan atau meminta rujukan ke ahli gizi.

Wanita dengan diabetes tipe 1 harus menjalani tes fungsi ginjal, tes tiroid dan pemeriksaan mata.

BACA JUGA: Banyak Crossborder Festival, Saatnya Traveling ke Atambua

2. Menurunkan berat badan.

Salah satu cara terbaik untuk memastikan Anda akan memiliki kehamilan yang sehat adalah dengan memastikan memiliki berat badan normal.

3. Olahraga.

Olahraga akan membantu metabolisme Anda menjadi lebih baik, mengontrol glukosa darah dan membantu mengendalikan berat badan selama dan setelah kehamilan.

4. Hitung asupan karbohidrat Anda.

Ketika merencanakan menu makanan, Anda harus tahu berapa banyak karbohidrat dalam setiap makanan dan membatasi jumlah makanan yang masuk karena akan meningkatkan gula darah. Hal ini penting jika Anda memiliki diabetes tipe 1.

5. Konsumsi sayuran.

Sayuran kaya akan fitonutrien dan serat, akan membantu pencernaan dan mencegah kelebihan berat badan. Sayuran juga rendah kalori dan karbohidrat, sehingga tidak akan memengaruhi gula darah.

6. Mengatasi morning sickness.

Pastikan Anda makan setiap dua sampai tiga jam pada siang hari untuk mengatasi mual. Jika menginsulin atau pil, makanlah beberapa biskuit asin sebelum turun dari tempat tidur, kemudian minum obat.

7. Perhatikan apa yang Anda minum.

Sangat penting untuk minum banyak air. Tujuannya agar tetap terhidrasi selama kehamilan. Pastikan untuk menghindari jus, soda, minuman olahraga dan pemanis dalam kopi dan teh.(fny/chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Danau Toba Siap Sambut Presiden Jokowi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler