Suku bunga di Australia sudah naik 12 kali sejak Mei tahun lalu, menyebabkan cicilan bagi banyak pemilik rumah semakin tinggi.

Sebagai contoh, jika terjadi dua kali lagi kenaikan suku bunga dari sekarang, maka rata-rata kreditur dengan pinjaman AU$750.000 selama 25 tahun akan membayar biaya tambahan $1.900 per bulan dari cicilannya saat ini.

BACA JUGA: Australia Godok Undang-undang Legalisasi Ganja untuk Pemakaian Pribadi

Berikut beberapa opsi bagi Anda yang terdampak kenaikan pembayaran cicilan rumah akibat kenaikan suku bunga:Kapan harus meminta bantuan?

Pesan dari pihak bank hingga konselor keuangan adalah hubungi bank sedini mungkin.

BACA JUGA: Kehidupan Ganda Mata-mata Australia yang Bekerja Untuk KGB

Jika Anda belum membayar cicilan, belum akan ada tanda terhadap skor kredit, sehingga lebih banyak fleksibilitas dalam hal opsi yang tersedia.

Ini saat yang tepat mencoba mendapatkan kesepakatan pembayaran cicilan yang lebih baik, misalnya meminta suku bunga yang lebih rendah kepada bank saat ini atau melakukan 'refinancing' (pembiayaan kembali) dengan lembaga pemberi pinjaman lain.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Upaya Mencari Kapal Selam Wisata Titanic yang Hilang

"Sebelum berada pada titik di mana Anda tak dapat melakukan pembayaran kembali ... Anda perlu mempertimbangkan opsi pembiayaan kembali," kata April Blair dari lembaga Australian Financial Complaints Authority (AFCA).

Jika sudah mencoba dan gagal melakukan 'refinancing', serta kesulitan membayar cicilan, tandanya Anda harus segera mengambil keputusan.

Suku bunga yang lebih tinggi mengurangi kapasitas pinjaman, sehingga bagi mereka yang baru akan menyicil rumah dengan jumlah pinjaman mendekati batas maksimum, kemungkinan akan kesulitan mengakses jumlah yang sama dengan bank lain.Siapa yang harus dihubungi?

Anda memiliki beberapa opsi untuk bantuan.

Pemberi pinjaman diharuskan membantu nasabah yang mengalami kesulitan keuangan berdasarkan kasus per kasus.

Aplikasi dan situs perbankan biasanya berisi informasi tentang cara menghubungi tim dan saluran telepon yang dapat Anda hubungi.

"Apa yang kami temukan adalah 90 persen dari waktu ketika pelanggan menghubungi kami, kami dapat memulihkan mereka dalam waktu 90 hari," kata Krissie Jones dari Bank NAB.

Jika ingin mendiskusikan situasi dengan pihak ketiga yang independen, Anda dapat menghubungi lembaga National Debt Helpline.

Anda akan terhubung dengan konselor keuangan yang dapat melihat situasi Anda secara keseluruhan dan membantu menyusun rencana.

Jika menelepon saluran bantuan dari negara bagian New South Wales, Anda mungkin akan berbicara dengan Peter Thompson.

Dia mengatakan siapa pun dapat menggunakan layanan gratis yang akan memberikan saran.

"Ini berlaku untuk semua kalangan, termasuk rumah tangga berpenghasilan menengah dengan pendapatan rumah tangga enam digit yang solid dan hipotek tujuh digit," kata Peter.

Menurut Great Southern Bank, lebih banyak orang mengalami tekanan tanpa mengalami perubahan besar dalam hidup.

"Jumlah yang meminta bantuan keuangan dari pelanggan ada peningkatan,  karena merasa terlalu berkomitmen," kata Annie Brett dari Great Southern Bank.

"Ini sangat berbeda dengan puncak pandemi COVID-19, ketika alasan paling umum orang membutuhkan bantuan keuangan adalah karena menganggur, pengurangan jam kerja atau karena sakit," jelasnya.

"Kami mendorong kreditur untuk menghubungi bank sesegera mungkin jika mereka khawatir dengan kemampuan memenuhi pembayaran pinjaman, sehingga bisa melihat pilihan-pilihan lebih awal," tambahnya.Bantuan apa yang tersedia?

Bank dapat membantu Anda melihat opsi untuk mengurangi pembayaran, misalnya, beralih ke pembayaran bunga saja atau memperpanjang jangka waktu kredit.

Jika Anda, katakanlah, beralih ke jangka waktu dua tahun membayar bunga saja, kemungkinan akan melibatkan penilaian ulang apakah Anda dapat membayar pinjaman dengan tingkat bunga yang lebih tinggi.

Jika relatif baru menyicil rumah, bunga akan menjadi bagian besar dari cicilan pokok dan bunga, jadi mungkin Anda tidak banyak menghemat setiap bulan meski hanya membayar bunga.

Jika menghubungi bank, mereka dapat menyiapkan variasi jangka pendek untuk pinjaman Anda, seperti jeda pembayaran selama beberapa bulan.

Setelah pengaturan sementara berakhir, Anda perlu menegosiasikan berapa jumlah yang harus ditambahkan ke pinjaman dan apakah Anda dapat melanjutkan pembayaran reguler.

Jika mencari bantuan yang lebih luas, konselor keuangan dapat mengatur keuangan Anda.

"Orang harus memiliki pemahaman tentang ke mana setiap dolar yang masuk akan keluar," kata Thompson.

Dalam beberapa kasus, kesimpulannya adalah tidak ada gunanya mengambil bantuan kesulitan sementara jika tidak ada perubahan yang terlihat pada situasi Anda.

"Mungkin Anda sedang mengalami masalah dalam hubungan, mungkin tagihan medis meningkat, atau ada biaya hukum yang harus dikeluarkan," katanya.

"Jika situasinya bersifat sementara, maka ada opsi yang tersedia dari pemberi pinjaman untuk membawa Anda melewatinya," jelasnya.

"Tetapi jika yang Anda alami sekarang adalah normal baru, jika semua orang di rumah bekerja penuh waktu, dan tidak ada kapasitas nyata untuk meningkatkan penghasilan, maka inilah saatnya bertanya, apakah hipotek ini terjangkau oleh kita?'"Bila tidak puas dengan jawaban bank

Jika tak puas dengan cara bank menangani permintaan bantuan, Anda dapat mengajukan keluhan internal.

Konselor juga dapat berhubungan dengan pemberi pinjaman.

"Konselor keuangan akan berurusan dengan tim khusus di sebagian besar pemberi pinjaman utama, mereka selalu dapat melakukan advokasi atas nama seseorang jika diperlukan," kata Thompson.

Pilihan lainnya adalah mengajukan keluhan ke AFCA.

"AFCA adalah badan penyelesaian sengketa eksternal, yang pada dasarnya seperti pengadilan alternatif," kata Blair.

"AFCA dirancang tidak seformal pengadilan, jadi sebagian besar informasi yang diberikan adalah melalui email atau melalui telepon."

Blair mengatakan sekitar 60 persen keluhan diselesaikan saat pertama kali dibuat, dan sebagian besar diselesaikan sebelum keputusan oleh ombudsman diperlukan.

"Hanya 4 persen keluhan yang diproses hingga keputusan."Bagaimana jika menunggak pembayaran?

Jika menunggak pembayaran, kemungkinan besar Anda masih punya waktu untuk memperbaiki situasi, tetapi perlu menghubungi bank.

"Jika pelanggan menunggak pembayaran, kami akan mengirimkan pemberitahuan mereka bahwa mereka melewatkannya - bisa berupa SMS dan mungkin email atau telepon," kata Jones dari Bank NAB.

"Jika setelah 30 hari tidak ada pembayaran, maka kami akan mengirimkan surat resmi memberi tahu pelanggan bahwa mereka telah melewatkan pembayaran itu," katanya.

"Pemberi pinjaman tidak akan menganggapnya sebagai default teknis sampai jatuh tempo 90 hari," jelas Thompson.

"Jika pada akhir 30 hari itu gagal bayar belum diperbaiki secara penuh atau tidak ada pengaturan alternatif, pemberi pinjaman memiliki opsi lain."

Opsi tersebut mencakup tindakan hukum dan memulai proses penyitaan properti untuk dilelang.

Mengajukan keluhan ke AFCA menghentikan tindakan apa pun yang diambil oleh pemberi pinjaman saat mereka menanggapi keluhan tersebut.

Selama periode itu, konselor akan mencari opsi termasuk mengatur ulang utang lain, seperti kredit mobil, atau melikuidasi aset.Bagaimana pengaruhnya pada skor kredit?

Laporan kredit saat ini terdiri dari riwayat kredit dan skor kredit, menunjukkan apakah Anda memiliki riwayat positif dalam memenuhi pembayaran, bukan hanya catatan jika menunggak.

Jika Anda membuat pengaturan kesulitan pembayaran dengan pemberi pinjaman, itu akan muncul di riwayat kredit Anda selama 12 bulan.

Jika Anda memenuhi pembayaran di bawah pengaturan kesulitan, itu akan tampak positif pada riwayat pembayaran.

Namun, jika Anda gagal membayar, ini akan meninggalkan tanda negatif pada skor kredit Anda untuk jangka waktu dua tahun.

Ini akan menjadi pertimbangan penting jika Anda berharap mendapat pembiayaan kembali atau mengambil kredit baru.

"Ini pilihan pribadi, apakah Anda ingin mengajukan kesulitan keuangan atau tidak," kata Blair.Kapan Anda perlu menjual properti?

Menjual properti mungkin dianggap sebagai pilihan terakhir bagi banyak orang, tetapi bagi sebagian orang itu akan menjadi pilihan terbaik.

Jones mengatakan Bank NAB memberi waktu yang cukup lama bagi kreditur untuk menghindari penjualan properti jika mereka bekerja sama dengan bank.

"Jika setelah waktu yang lama, 18 hingga 24 bulan, pelanggan telah memutuskan bahwa mereka ingin menjual properti, maka kami akan bekerja sama dengan mereka," ujarnya.

Thompson mengatakan para kreditur perlu bersikap realistis tentang prospek mereka untuk kembali ke jalur yang benar.

"Harus ada perhitungan, apakah pembayaran yang sedang berjalan saat ini akan terjangkau ke depan."

Jika keadaan Anda tidak mungkin lagi berubah, menjual properti mungkin menjadi pilihan terbaik.

"Jika orang berpikir itu sesuatu yang perlu terjadi, bank harus mengizinkan orang itu melakukannya sendiri dalam jangka waktu yang wajar, sebelum bank turun tangan dan menjual rumah seseorang sebagai pemilik hipotek," kata Blair.

Jika Anda menjual properti dengan persyaratan sendiri, Anda dapat menghindari biaya hukum apa pun kepada bank dan mungkin mendapatkan harga yang lebih baik.

Diproduksi oleh Farid Ibrahim dari artikel ABC News yang selengkapnya dapat dibaca di sini.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Hampir 100 Warga India Meninggal Akibat Gelombang Panas

Berita Terkait