Tips Menghindari Kerusakan Akibat Duduk Berkepanjangan

Jumat, 29 Januari 2016 – 01:10 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Care2

jpnn.com - Penelitian telah menemukan bahwa duduk kronis/duduk terlalu laman telah dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, kanker, obesitas dan bahkan kematian dini. Tapi hal itu tetapsaja sulit untuk dihindari dalam kehidupan modern, sehingga apa yang bisa Anda lakukan tentang hal itu?

Ternyata ada banyak tindakan kecil yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengurangi risiko Anda terkena masalah terkait dengan duduk terlalu lama.

BACA JUGA: 8 Makanan Sehat Untuk Musim Dingin

1. Berjalan kaki selama 10 menit

Para peneliti dari University of Missouri School of Medicine menemukan bahwa sirkulasi darah dan fungsi pembuluh darah di kaki Anda terganggu ketika Anda duduk untuk jangka waktu yang lama.

BACA JUGA: Cara Mudah Cerahkan Area Selangkangan (Bag 2-akhir)

Tapi mereka juga menemukan bahwa berjalan kaki selama 10 menit setara dengan sekitar 1.000 langkah akan mengembalikan aliran darah yang sehat dan fungsi pembuluh darah.

Studi ini secara khusus melihat peserta yang telah duduk selama enam jam penuh. Kemudian mereka pergi berjalan kaki selama 10 menit. Ini adalah aktivitas mudah untuk menangkal gangguan vaskular duduk sepanjang hari.

BACA JUGA: Cara Mudah Cerahkan Area Selangkangan (Bag 1)

2. Berdiri secara teratur

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Diabetes Care menunjukkan bahwa 5 menit berdiri untuk setiap 30 menit duduk dikaitkan dengan peningkatan regulasi gula darah. Rutinitas yang sama, berdiri selama 5 dari setiap 30 menit juga dianjurkan dalam International International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity.

“Berdiri setelah periode panjang duduk memiliki banyak efek fisiologis positif. Misalnya, dalam waktu 90 detik setelah Anda berdiri, fungsi otot dan seluler Anda yang memproses gula darah dan kolesterol diaktifkan,” kata co-direktur Mayo Clinic, Dr. James Levine, seperti dilansir laman Care2, Rabu (27/1).

3. Melacak langkah Anda

Mneggunakan pedometer adalah cara terbaik untuk mempertahankan kesadaran berapa banyak Anda bergerak di siang hari. Hal ini bisa memberikan ide yang baik di mana Anda berada saat ini dan apakah Anda perlu untuk meningkatkan gerakan Anda.

Anda bisa membeli pedometer di toko atau menggunakan aplikasi pada iPhone atau Android.

Rekomendasi bervariasi pada berapa banyak langkah yang harus bertujuan untuk per hari, tergantung pada usia dan tingkat kebugaran saat ini.

4. Menjaga postur duduk yang sehat

Bila Anda harus duduk ada cara untuk memperbaiki postur tubuh dan kesehatan kembali. Esther Gokhale dikenal sebagai postur guru yang telah mempelajari tentang postur tubuh diseluruh dunia.

Dia telah mengidentifikasi dua dari postur terbaik untuk duduk yang dia sebut tumpukan duduk dan peregangan duduk.

Stack duduk adalah ketika Anda duduk dengan pantat mencuat sedikit di belakang Anda tapi hanya sedikit. Gokhale telah menemukan posisi ini memungkinkan Anda bernapas secara alami. Peregangan duduk adalah cara lain untuk memanjangkan tulang belakang Anda dengan menggunakan prop di kursi Anda, seperti handuk atau bantal.(fny/fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mengapa Wanita Sulit Tidur Dibandingkan Pria?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler