Tips Menjadi Orang Yang Lebih Bahagia

Kamis, 22 Oktober 2015 – 11:11 WIB
ILUSTRASI. FOTO: India Times

jpnn.com - Banyak orang bertanya-tanya bagaimana jadi orang yang bahagia. Meski memang kebahagiaan setiap orang bisa berbeda-beda, namun bahagia adalah satu-satunya cara agar Anda bisa menikmati hidup.

Lalu bagaimana caranya agar Anda menjadi lebih bahagia? Berikut ini tipsnya, seperti dilansir laman India Times, Rabu (21/10).

BACA JUGA: Bambang Sugianto yang 32 Tahun Mengoleksi Batu Akik, Awalnya Kalimaya Sang Ayah

1. Pikirkan tentang saat-saat bahagia Anda

Jika Anda akan melalui masa sulit dalam hidup Anda, cobalah untuk berpikir tentang saat-saat bahagia Anda. Penelitian menunjukkan bahwa bahkan berpikir tentang kenangan bahagia memicu pelepasan serotonin di otak Anda.

BACA JUGA: 6 Tips Mengatasi Bahu Tegang

Serotonin adalah hormon kunci kebahagiaan yang mencegah depresi, mengendalikan suasana hati Anda, mencegah iritasi dan membuat Anda bahagia dan bersosialisasi.

2. Luangkan lebih banyak waktu di luar

BACA JUGA: Duh, Celana dan Baju Menteri Ini...

Beberapa studi telah menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam merangsang bagian otak Anda yang berhubungan dengan energi positif, kebahagiaan dan kestabilan emosi. Cobalah berjalan-jalan di bawah sinar matahari, karena sinar matahari memicu pelepasan serotonin di otak Anda.

3. Peluk orang-orang yang Anda cintai

Memeluk memicu pelepasan oksitosin yang merupakan hormon yang berhubungan dengan cinta dan ikatan. Sebuah studi menemukan bahwa memeluk selama 20 menit dan memegang tangan selama 10 menit bisa membatalkan efek stres dan memperbaiki denyut jantung dan tekanan darah.

4. Pijat

Siapa yang tidak senang ketika mereka mendapatkan pijat? Pijat membuat rileks tubuh Anda dan menghilangkan stres dan kontak fisik yang berkepanjangan juga memicu pelepasan oksitosin.

5. Tuliskan apa yang mengganggu Anda

Apakah Anda marah, sedih atau cemburu, salah satu cara untuk melepaskan emosi negatif adalah menuliskan apa yang Anda rasakan. Anda akan merasa jauh lebih baik setelah Anda mengeluarkan semua uneg-uneg Anda melalui tulisan.

6. Membuat orang lain tersenyum

Melakukan sesuatu yang baik untuk seseorang dan melihat mereka tersenyum akan membuat Anda tersenyum juga. Penelitian menunjukkan bahwa salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kebahagiaan Anda sendiri adalah dengan membuat orang lain bahagia.

7. Makan makanan pedas

Lidah Anda memiliki rasa reseptor yang meningkatkan sinyal otak Anda ketika Anda makan makanan pedas. Sinyal ini mirip dengan sinyal rasa sakit dan otak Anda melepaskan endorfin dalam menanggapi. Endorfin adalah obat penghilang rasa sakit alami tubuh Anda dan antidepresan.

8. Luangkan waktu dengan teman-teman Anda

Menghabiskan waktu dengan teman-teman Anda akan menurunkan tingkat stres Anda dan meningkatkan kecerdasan serta kebahagiaan Anda.

9. Senyum

Tersenyum mengaktifkan otot-otot tertentu di wajah Anda dan memicu pelepasan hormon bahagia Anda. Jadi bahkan jika Anda tidak benar-benar bahagia ketika Anda mulai tersenyum, Anda akan menjadi senang jika Anda terus melakukannya.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tips Menghindari Makanan Mengandung Gula


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler