Tips Menjemur Bayi Kuning

Selasa, 28 Januari 2014 – 02:18 WIB
Bayi. Getty Images

jpnn.com - JAKARTA - Bayi baru lahir seringkali terlihat kuning. Untuk jenis kuning yang wajar, bayi umumnya dijemur di panas matahari. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, jemur anak di bawah matahari pada jam 8-9 pagi hari.

“Jangan dijemur lebih dari jam-jam itu, karena paparan mataharinya bukan yang dibutuhkan oleh bayi. Pada dasarnya, panas matahari pagii dan sinar UV yang ada di RS sama saja. Hanya paparan sinar pada bayi di RS lebih intensif,” kata dokter spesialis anak dari RS Premier Jatinegara dr Marissa TS Pudjiadi, Sp.A seperti yang dilansir INDOPOS (JPNN Group).

BACA JUGA: Ini Efek Buruk Jika Anak Kurang Tidur

Selain waktu, agar paparan sinar matahari pada bayi menjadi intensif, sebaiknya jemur bayi dalam kondisi telanjang. Biarkan bayi di bawah sinar matahari sekitar 30 menit hingga satu jam.

“Pada bagian mata bayi sebaiknya ditutup atau dihalangi dengan tangan, supaya bayi berjemur dengan nyaman. Kalau ibu sudah merasa panas, bayi pun merasakan hal yang sama. Maka segera angkat,” jelasnya.

BACA JUGA: Cacar Air pada Anak Tingkatkan Risiko Terkena Stroke

Marissa juga mengingatkan, sebaiknya orang tua tidak meninggalkan bayi tanpa pengawasan. Dia menyarankan, sebaiknya saat dijemur, bayi diajak berbicara, supaya terjadi interaksi antara orang tua dengan anak. (sic)

BACA JUGA: Olahraga Bikin Otak Tolak Makanan Berlemak

BACA ARTIKEL LAINNYA... Apel Bisa Mencegah Serangan Jantung


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler