Tips mudah mengatasi stress

Jumat, 11 September 2015 – 11:30 WIB
FOTO: DOK. Laman Care2

Manusia hidup tentu memiliki berbagai masalah. Terkadang masalah-masalah tersebut sulit sekali kita hindari maupun kita temui jalan keluar ataupun solusinya. Masalah-masalah seperti masalah keluarga, percintaan, persahabatan, keuangan maupun masalah yang terkait dengan pekerjaan Anda sehari-hari. Stress merupakan puncak dari berbagai tekanan masalah-masalah tersebut. Stress bisa menimbulkan depresi yang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dan jiwa kita.

Berikut ini cara menghilangkan stress sebelum terlambat, seperti dilansir laman Care2, Kamis (10/9).

1. Mengurangi stres dengan menyentuh, mencium dan memeluk

Menyentuh, mencium dan memeluk adalah kegiatan yang merangsang pelepasan otak dari hormon oksitosin. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa gelombang oksitosin yang dilepaskan selama orgasme bisa menurunkan tekanan darah, menenangkan saraf dan ketegangan. Bahkan menurut British Medical Journal, seks sangat baik bagi jantung Anda yang memotong resiko serangan jantung dan stroke bila dilakukan tiga kali seminggu.

2. Mengurangi stres dengan bersumpah/mengumpat

Sumpah telah terbukti untuk meminimalkan stres dan meningkatkan persahabatan di tempat kerja. Itu menurut para ilmuwan di East Anglia Norwich University di Inggris.

3. Mengurangi stres dengan mengonsumsi bawang putih

Bahan utama dalam bawang putih ketika dicerna adalah allicin organosulfur yang memicu tubuh Anda untuk menghasilkan hidrogen sulfida dan kemudian menciptakan reaksi internal yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong aliran darah. Yang artinya bahwa bawang putih baik untuk jantung Anda dan membantu mengelola stres.

4. Mengurangi stres dengan mengonsumsi cokelat

Dark chocolate telah terbukti mengandung flavonoid antioksidan (yang bisa meminimalkan risiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah). Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, flavonoid membantu pembuluh darah rileks dan membantu stres secara keseluruhan. Pilihlah dark chocolate rendah lemak.

5. Mengurangi stres dengan menggosok hoku Anda

Hoku adalah lipatan kulit pada telapak tangan Anda yang menghubungkan jari pointer Anda ke ibu jari Anda. Ini juga tempat akupresur terkait dengan ketegangan tubuh bagian atas yang jika ditekan bisa meminimalkan stres hingga 39 persen, menurut para ilmuwan di Hong Kong Polytechnic University.

6. Mengurangi stres dengan tertawa

Tertawa adalah cara yang telah terbukti untuk mengurangi stres. Bahkan antisipasi mengenai sesuatu yang lucu memiliki kemampuan untuk menurunkan stress berkat pelepasan hormon stres seperti dopac, kortisol dan epinefrin.

7. Mengurangi stres dengan berkebun

Penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki tanaman dan bunga di hadapan Anda bisa menimbulkan suasana hati yang positif dan mengurangi tingkat stres.(fny/jpnn)

BACA JUGA: Kejagung tak Hadir, Sidang Praperadilan VSI Ditunda Pekan Depan

BACA ARTIKEL LAINNYA... BPPT Dorong Penguasaan Rancang Bangun Kapal Selam Nasional


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler