Tito: Tegas bukan Berarti harus Tembak Mati

Jumat, 12 Juni 2015 – 14:27 WIB
Irjen Pol Tito Karnavian. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian mengatakan, akan memberikan tindakan tegas terhadap pelaku kriminalitas yang nekat beroperasi di wilayah hukumnya. Namun demikian, Tito mengaku bahwa tindakan tegas itu bukan berarti harus menembak mati para pelaku kriminalitas.

"Yang jelas kami akan lakukan tindakan-tindakan tegas. Tapi tindakan tegas itu tidak berarti tembak mati," kata Tito usai dilantik Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Mabes Polri, Jumat (12/6).

BACA JUGA: Mantan Kadensus 88 Antiteror, Kini Prioritaskan Pengamanan Pilkades

Menurut dia, tindakan tegas itu harus terukur ada bukti untuk kemudian diajukan ke pengadilan. "Kami berikan efek jera," tegasnya.

Bagi Tito, Polda Metro Jaya bukanlah wilayah baru. Dia mengaku sudah 18 tahun bertugas di reserse Polda Metro Jaya. "Dari letnan dua saya di sini (Polda Metro)," ujarnya.

BACA JUGA: Keluarga Jokowi Ucapkan Duka Cita untuk Tukang Becak yang Meninggal

Karenanya, Tito pun mengaku paham dengan peta-peta kriminalitas yang ada di wilayah ibu kota dan sekitarnya. "Dan saya paham,  cukup banyak taktik-taktik cuma mungk‎in perlu diperbaiki ya," ungkap Tito.

Kapolri Jenderal Pol Badrodin menegaskan, ditugaskannya Tito yang sebelumnya menjabat Asrena Kapolri menggantikan Irjen Unggung Cahyono yang diangkat sebagai Asosp Kapolri, supaya bisa mengatasi tantangan yang lebih berat dalam pengamanan wilayah Jakarta.

BACA JUGA: Dua Polisi Aktif dan Satu Purnawirawan Ramaikan Bursa Capim KPK

Sebab, kata Badrodin, sebagai ibukota hampir semua hal terjadi di Jakarta. Mulai dari kriminalitas, iklim politik yang panas dan eksesnya, hingga masalah perekonomian. Karenanya, Badrodin yakin, Tito akan mampu mengemban jabatan tersebut.

"Pak Unggung kan naik posisinya sebagai Asops Kapolri. Khusus Pak Tito memang kita beri kesempatan untuk menghadapi tantangan yang lebih komplek dan lebih berat," ungkap Badrodin di Mabes Polri, Jumat (12/6).  (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Hadiri Pelantikan 8 Kapolda, Kemana BG?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler