Tjahjo Jamin PDIP Terima Sutarman

Sabtu, 28 September 2013 – 22:11 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Tjahjo Kumolo, menilai Komisaris Jenderal Sutarman merupakan figur yang tepat sebagai calon Kepala Kepolisian RI. Karenanya, Fraksi PDIP di DPR pun akan dengan terbuka menerima Sutarman sebagai pengganti Timur Pradopo.

"Pendapat saya pribadi, sebagai Sekjen PDI Perjuanan maupun anggota DPR, nama Komjen Sutarman adalah figur yang lengkap, figur yang sederhana," kata Tjahjo kepada JPNN, Sabtu (28/9).

BACA JUGA: Mobil Murah Tetap Penyumbang Polusi

Menurut Tjahjo, Sutarman merupakan sosok berintegritas dan punya komitmen menjaga kewibawan Polri. Bahkan, lanjut Tjahjo, Sutarman sudah melalui berbagai jabatan dengan baik dan tanpa cacat.

"Figur yang saya jamin adalah figur bersih dan terbuka. Di samping itu masa pensiun sebagai Polri masih dua tahunan," katanya.

BACA JUGA: Mayoritas Kabupaten/Kota Belum Bentuk PPID

Lebih jauh Tjahjo mengatakan, tugas DPR sebagaimana ketentuan UU hanya memberikan pertimbangan dan melakukan fit proper test kepada calon Kapolri yang diusulkan presiden. "DPR sebelum mengirimkan pertimbangannya kembali ke presiden, tentunya sudah mengakomodir berbagai masukan-masukan dari elemen-elemen masyarakat," katanya.

PDIP, tegas Tjahjo, menolak  wacana voting atas nama calon Kapolri yang diusulkan Presiden ke DPR. Alasannya, karena apapun Kapolri harus mendapat dukungan solid.

BACA JUGA: Asing Tak Akan Biarkan Indonesia Punya Mobnas

"Prinsipnya PDI Perjuangan pasti mendukung dan tidak akan melakukan voting. Harus aklamasi dukungan DPR," kata anggota Komisi I DPR ini. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemenhub: Biar Macet Asal Murah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler