TNI Beri Materi tentang Ideologi Negara kepada Pelajar di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Senin, 30 Januari 2023 – 15:59 WIB
Pj Danramil Puring Kencana Serka Elisa Jepri Harianja memberikan bantuan alat tulis dan mengajarkan tentang wawasan kebangsaan ideologi negara kepada pelajar SDN 03 Sungai Mawang Kecamatan Puring Kencana, perbatasan Indonesia-Malaysia, wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Koramil Puring Kencana. (Teofilusianto Timotius)

jpnn.com - KAPUAS HULU - TNI dari Koramil Puring Kencana mengajarkan materi tentang ideologi negara kepada pelajar di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia di Kecamatan Puring Kencana, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Dalam memberikan materi tentang ideologi negara di SDN 03 Sungai Mawang, Kecamatan Puring Kencana, itu Koramil Puring Kencana bekerja sama dengan Polsek Puring Kencana.

BACA JUGA: Jembatan Putus di Papua Pegunungan, 1 Prajurit TNI dan 3 Anggota Polri Hilang

Penjabat (Pj) Danramil 18/Puring Kencana Serka Elisa Jepri Harianja mengatakan bahwa pemahaman tentang ideologi negara perlu dilakukan sejak usia dini kepada generasi muda, terutama pelajar di daerah perbatasan sebagai garda terdepan bangsa Indonesia.

"Anak-anak kita harus memahami pentingnya ideologi negara, yaitu Pancasila untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," katanya di Putussibau, Kapuas Hulu, Senin (30/1).

BACA JUGA: Indonesia Menghadapi Tantangan Ideologi, PDIP Jangan Puas Menang Pemilu 20 Persen

Menurut Jepri, memahami tentang ideologi negara dapat dijadikan sebagai benteng anak-anak perbatasan agar memperkuat rasa patriotisme dan memupuk semangat persatuan dan kesatuan pada usia dini.

Dia berharap apa yang diberikan kepada pelajar itu dapat bermanfaat dan menjadi motivasi bagi generasi muda.

BACA JUGA: Romo Benny Sebut PDIP Memiliki Ideologi yang Jelas, Melekat pada Akar Rumput

Dalam kesempatan itu, Koramil Puring Kencana juga memberikan bantuan alat tulis kepada para pelajar.

“Bantuan alat tulis itu wujud perhatian dan sebagai motivasi agar anak-anak di perbatasan lebih semangat lagi untuk menuntut ilmu sebagai generasi penerus bangsa," kata Jepri.

Selain itu, Jepri juga mengajak masyarakat khususnya orang tua murid untuk selalu mendukung dan memberikan semangat untuk anak-anaknya dalam menempuh pendidikan.

"Anak-anak di perbatasan jangan minder dengan anak yang berada di kota, tetap bersemangat meraih cita-cita untuk melanjutkan dan mengisi kemerdekaan warisan para pejuang kemerdekaan," pungkas Jepri. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler