Romo Benny Sebut PDIP Memiliki Ideologi yang Jelas, Melekat pada Akar Rumput

Selasa, 03 Januari 2023 – 11:58 WIB
Pakar komunikasi politik Romo Benny Susetyo. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar komunikasi politik Romo Benny Susetyo menyebut ada lima hal yang menunjukkan partai tersebut bersifat modern yang dikelola secara profesional.

Pertama, PDIP memiliki akar ideologi yang berkekuatan pada basis akar rumput.

BACA JUGA: Jika PDIP Usung Erick Thohir sebagai Cawapres, Adian Napitupulu Merespons Begini

"PDIP melekat sebagai partai wong cilik seperti petani, butuh, dan nelayan," kata Romo Benny saat dihubungi, Senin (2/1).

Kedua, memiliki hirarki kepempinan yang terstruktur. Dalam hal ini, Romo Benny menyebut kekuatan PDIP itu di struktur ranting-ranting yang ada di daerah.

BACA JUGA: Ahmad Blak-blakan soal Nasib PDIP jika Puan Maharani Capres 2024, Ya Ampun

Ketiga, PDIP memiliki kaderisasi berjenjang. PDIP terlihat aktif melakukan pendidikan kader secara periodik, juga ada sekolah partainya.

Keempat, PDIP punya kesetian pada ideologi, bukan pada figur personal.

BACA JUGA: Berziarah ke Makam Fatmawati, Basarah PDIP: Wajar Sebagai Bangsa Memuliakan Pemimpin Perempuan

Dalam hal ini, Romo Benny menilai PDIP punya jenjang pengkaderan sehingga sosok yang tampil mengemuka tidak instan, figuran, ataupun artis.

Kelima, memiliki sprit satu komando. Karena itu, Romo Benny menilai seluruh kader dan pengurus PDIP taat asas, yang menandakan bahwa kesetiaan pada garis komando sehingga tampil solid.

"Yang tak kalah penting, PDIP punya kekuatan akar rumput marhaenisme, yang mengaktualisasikan ajaran Soekarno, yakni Trisakti. Berdikari dalam ekonomi, berdaulat di bidang politik, dan berkpibadian dalam budayaan," tandas Romo Benny.

Romo Benny menilai hal itu contoh partai politik Indonesia yang telah dikelola secara profesional dan modern.

Salah satu wujud PDIP partai modern, kata Romo Benny, terlihat di dalam kepengurusan yang diisi oleh figur-figur kompeten di bidangnya.

Ada ahli perbankan, ada purnawirawan militer, pengamat politik, budayawan, dan sebagainya. Itu yang menjadi satu kesatuan di PDIP.

"PDIP adalah partai modern yang kekuatannya pada struktur organisasi. Misalnya sekjen tidak merangkap. Itu ciri partai modern," jelas budayawan itu. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tradisi Akhir Tahun, DPP PDIP Ziarah ke Makam Fatmawati dan Memperingati Harlah Taufiq Kiemas


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler