TNI Siagakan PPRC untuk Antisipasi Bencana Susulan di Mentawai

Kamis, 03 Maret 2016 – 22:16 WIB
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (di atas mobil) saat menginspeksi pasukan dalam upacara serah terima Pengalihan Komando dan Pengendalian (Alih Kodal) Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI di Lanud Halim Perdana Kusumah, Kamis (3/3). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyatakan, pihaknya telah menyiagakan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) pasca-gempa di Kepulauan Mentawai, Rabu (2/3) malam. Menurutnya, PPRC bisa sewaktu-waktu diterjunkan untuk membantu jika ada gempa susulan di kepulauan yang berada di Samudra Hindia itu.

Gatot mengatakan, PPRC itu terdiri dari tiga matra di TNI. Yakni TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU). PPRC itu bisa untuk membantu bencana alam seperti di Mentawai," katanya usai serah terima pengalihan komando dan pengendalian (Alih Kodal) PPRC di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (3/3).

BACA JUGA: Jaksa Agung Dinilai Korbankan Lembaga demi AS dan BW

‎Namun, kata Gatot, menerjunkan PPRC merupakan pilihan terakhir. Untuk itu, petinggi TNI kelahiran Tegal, 13 Maret 1960 itu mengaku sudah menugaskan Kepala Staff TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Mulyono untuk mengantisipasi adanya bencana susulan di Kepulauan Mentawai.

Gatot menambahkan, Mulyono sudah menyiapkan pasukan cepat tanggap bencana jika gempa susulan terjadi. "Dua batalion pasukan dan satu batalion kesehatan sudah kita siapkan khusus untuk Mentawai," sebutnya.

BACA JUGA: Politikus Cantik Ini Geram Melihat Foto Begituan

Sebelumnya Gatot memimpin serah terima Alih Kodal Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI dari Panglima Divisi Infanteri-2 Kostrad Mayor Jenderal Ganip Warsito, kepada Panglima Divisi Infanteri-1 Kostrad Mayor Jenderal Sudirman.

Menurut Gatot, PPRC lebih memprioritaskan pada ancaman stabilitas negara dan misi militer lainnya. Kini, PPRC merupakan salah satu satuan TNI yang dilibatkan untuk memukul mundur kelompok teroris di Poso, Sulawesi Tengah.(mg4/jpnn)

BACA JUGA: Psikolog Cantik Ini Penasaran Siapa Dalang di Balik FB Ina Si Nononk

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPAI Minta Akun Facebook Ina Si Nononk Diblokir


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler