Tony Abott Terpilih Sebagai PM Baru Australia

Minggu, 08 September 2013 – 14:07 WIB

SYDNEY— Australia punya Perdana Menteri baru. Tony Abott terpilih sebagai orang nomor satu di pemerintahan Australia setelah megalahkan calon incumbent dari Partai Buruh, Kevin Rudd. Hasil ini diraih setelah Koalisi Liberal-Nasional  pimpinan Aboot memenangkan 88 kursi dari 150 kursi yang diperebutkan di parlemen negeri Kangguru tersebut.

‘’Sejak hari ini saya deklarasikan bahwa Australia berada di bawah manajemen baru dan terbuka untuk bisnis,’’ ujar Abott dalam pidato kemenangannya seperti dilansir BBC, Rabu

Abott maju sebagai calon perdana menteri setelah memimpin Koalisi Liberal Nasional sejak 2009 lalu. Kini setelah terpilih sebagai perdana menteri baru Abott mempunyai sejumlah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan segera. Terutama mengenai perlambatan pertumbuhan ekonomi Australia dan masalah imigran gelap yang setiap tahun bertambah jumlahnya.

‘’Hari ini  rakyat Australia telah memutuskan yang tepat untuk memimpin Australia,’’ tambahnya.

Abott sendiri merupakan politisi kelahiran Inggris 1957. Sebelum masuk ke dunia politik di tahun 1994, mantan wartawan ini pernah bekerja sebagai penasehat di Partai Liberal.

Kemudian pada masa kepemimpinan John Howard, ia, pernah menjadi menteri tenaga kerja tahun 1998 dan 2001. Kemudian menjabat sebagai menteri kesehatan pada 2003.

Terkait kemenangan Abott, perdana menteri Kevin Rudd telah menyampaikan selamat kepada penggantinya.(zul/jpnn)

 

BACA JUGA: Aksi Protes Separo Bugil

BACA ARTIKEL LAINNYA... Snowden Sebut Intel AS dan Inggris Bobol Internet Banking


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler