Tony Blair Bantah 'Nyambi' Bisnis

Senin, 02 November 2009 – 04:01 WIB
TIMTENG - Blair dalam salah satu kunjungannya di kawasan Gaza, Timur Tengah. Foto: Upi.com.
LONDON - Mantan Perdana Menteri (PM) Inggris, Tony Blair, baru-baru ini diterpa kabar miringSuami dari Cherie Blair itu dikabarkan memanfaatkan posisinya sebagai duta perdamaian Timur Tengah untuk kepentingan bisnis salah satu jaringan supermarket terbesar di Inggris Raya, Tesco.

Disebut-sebut, bayaran sebesar GBP 1 juta (sekitar Rp 15,8 miliar) akan diberikan kepada Blair jika dia bisa membantu Tesco memasuki pasar di kawasan rawan konflik tersebut

BACA JUGA: Ahmadinejad Siap Kooperatif

Namun, kabar miring tersebut langsung dibantah Tony Blair Associates (TBA) - perusahaan milik politikus Partai Buruh itu.

"Tony Blair dan Tony Blair Associates tak pernah bekerjasama dalam kesepakatan apapun dengan Tesco
Tony Blair tak memiliki hubungan komersial dengan Tesco dan tak menjadi perwakilan mereka," papar juru bicara bicara Blair, seperti dikutip Daily Mail, Minggu (1/11) kemarin.

Menurut pihak Blair, kabar itu menyeruak semata karena Blair memiliki peran penting di kawasan Timur Tengah

BACA JUGA: Israel Biadab, Deplu Harus Mengecam

Saat ini penggemar sepakbola tersebut menjadi perwakilan PBB, Uni Eropa, Rusia dan AS, di Timur Tengah
Urusannya khususnya dalam bidang hukum yang berhubungan dengan isu perubahan iklim dan Afrika, serta badan olahraga.

Di sisi lain, Daily Mail melaporkan ada sumber senior lain yang mengakui adanya pembicaraan antara Blair dan Tesco

BACA JUGA: Cabut Gelar dan Penghargaan Thaksin

Bahkan, pembicaraan itu telah berlangsung selama lima bulanNamun, pembicaraan tersebut gagal mencapai kesepakatan tanpa menyebutkan faktor apakah yang menyebabkan kegagalan diskusi itu.

Tentu saja kegagalan itu mengecewakan bagi TescoPasalnya, Blair sejak lama telah dilirik oleh Chief Executive Tesco, Sir Terry LeahyDia berharap Blair dapat memuluskan jalan Tesco membuka gerai di Timur Tengah dengan pengalaman politik dan koneksinya di Timur TengahTesco merupakan perusahaan besar yang memiliki 2.000 gerai di seluruh duniaMereka ingin menyusul kesuksesan Marks & Spencer di Dubai, Bahrain dan Oman.

Tesco bukanlah rekanan asing bagi BlairPerusahaan itu merupakan penyokong dana terbesar Partai BuruhSetidaknya, dana sebesar GBP 5.000 dikucurkan Tesco kepada Partai Buruh pada periode 1997-1998.

"Saya menyarankan Blair membuka pintu kesempatan bagi Tesco," ujar Simon Thomson, pendiri pusat perbelanjaan Dubai di Timur Tengah.

Blair sendiri akhir-akhir ini memang kerap diterpa isu miring, terkait  dengan isu bisnis di Timur tengahHal ini tentu saja dapat mengancam upayanya untuk mendapatkan posisi sebagai Presiden Uni Eropa(war/ttg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AS: Teroris Kabul Takkan Menang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler