Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Kembar Tidak Identik

Jumat, 08 November 2019 – 03:55 WIB
Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Kembar Tidak Identik. Foto: dok pribadi jpnn

jpnn.com - Proyek bersama antara Toyota dengan Daihatsu kembali menghasilkan dua model baru, yaitu Raize dan Rocky. Duo crossover ini baru dipasarkan di Jepang.

Dibangun dari paltform yang sama, namun ternyata keduanya tak sepenuhnya identik.

BACA JUGA: Adik Terios, Daihatsu Rocky Bakal Mengaspal di Indonesia? Ini Kata ADM

Desainnya membawa ciri khas masing-masing. Toyota Raize punya kesan sporty. Bentuknya tidak terlalu kotak (boxy). Lebih identik dengan DNA RAV4 teranyar.

Sementara itu, Rocky dibuat lebih sederhana. Tanpa gril langsung saluran udara. Penataan lampu kabut dan DRL juga berbeda.

BACA JUGA: Platform TNGA Bawa Generasi Terbaru Toyota Yaris Makin Ngacir

Keduanya dibekali pilihan sistem penggerak dua roda depan juga empat roda, 2WD dan 4WD..

BACA JUGA: Daihatsu Kaget Masih Ada yang Beli Luxio untuk Mobil Pribadi

Secara demensi keduanya juga sama, memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm.

Selain itu, mesin yang ditanamkan juga sama 1.0L, 3-silinder 12 katup, intercooler turbo. Tenaga disalurkan melalui pilihan transmisi jenis CVT.

Adapun fitur yang disematkan, pre-collision warning, pre-collision brake, auto high beam, mis-pedal operation control, adaptive cruise control, smart panorama parking assist, panorama monitor, side view lamp dan lane keep control.

Soal harga, Toyota Raize dibanderol lebih murah, mulai dari tile terendah 1.679.000 yen atau setara Rp 217 jutaan sampai 2.282.200 yen atau Rp 295 jutaan.

Adapun Daihatsu Rocky ditawarkan dengan harga 1,705 juta yen atau Rp 221 jutaan sampai tipe tertinggi 2.422.200 yen atau Rp 316 jutaan.

Terkait soal rencana masuk pasar Indonesia, PT Astra Daihatsu Indonesia masih enggan membeberkan hal itu.

"Daihatsu Rocky sampai saat ini kami belum bisa menjawab kapan akan dibawa ke Indonesia, karena sampai hari ini belum ada planning. Tetapi memang di TMS Daihatsu sudah memamerkan SUV barunya walaupun tanpa nama," kata Direktur Marketing PT ADM, Amelia Tjandara saat ditemui di kantornya di Jakarta Utara. (mg8/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler