Dalam kejadian tragis di Melbourne hari Rabu (22/4/2020), empat anggota polisi tewas setelah ditabrak oleh sebuah truk pembawa daging beku. Saat kejadian, para polisi sedang menghentikan sebuah mobil mewah. Empat polisi tewas di Melbourne

 

BACA JUGA: Lagi-Lagi, Warga Tiongkok Jadi Sasaran Serangan Rasisme Terkait Corona

Ini adalah kematian terbesar dalam satu peristiwa yang menimpa polisi di negara bagian Victoria.

Menurut laporan media setempat, kejadian bermula ketika dua polisi menghentikan mobil Porsche 911 yang dikemudikan seorang pria di Eastern Freeway, di kawasan Kew, 8 km dari pusat kota Melbourne.

BACA JUGA: Kabar Duka: Rahmad Tewas Mengenaskan di Tubagus Angke Petamburan

Pengemudi Porsche itu dihentikan karena membawa mobil dalam kecepatan tinggi, dan polisi hendak melakukan tes narkoba terhadapnya.

Dua petugas tersebut kemudian meminta bantuan dua polisi lainnya karena mobil mewah Porsche akan disita.

BACA JUGA: Setelah Waktu Subuh, Pengendara Motor Tewas Tertabrak Truk

Lalu sekitar pukul 17.40 sore sebuah truk dengan kecepatan tinggi menabrak serangkaian mobil polisi dan Porsche. Empat orang polisi itu tewas di tempat.

Setelah kejadian ini, pengemudi Porsche tersebut melarikan diri. Uniknya, dia kemudian memposting foto-foto kejadian di Facebooknya.

Menurut polisi, sekarang pengemudi itu sudah melakukan kontak dengan polisi.

Menurut polisi pria itu berusia 41 tahun dengan catatan kriminal yang panjang.

Kepala Kepolisian Victoria Chief Commissioner Graham Ashton mengatakan pengemudi sudah dinyatakan positif menggunakan 'sejenis narkoba' ketika polisi menghentikannya.

"Ada beberapa gambar yang dipasang di Facebook yang tampaknya diambil orang ini di lokasi kejadian sebelum dia meninggalkan lokasi," kata Ashton.

"Beberapa foto ini beredar di internet semalam. Kita sudah berbicara dengan Facebook pagi ini untuk menghapus gambar-gambar tersebut," tambahnya. Photo: Suasana hari Kamis pagi di Eastern Freeway, Kew, Melbourne dimana empat polisi tewas setelah truk menabrak dua mobil polisi dan sebuah Porsche. (ABC News: Kyle Harley)

 

Graham Ashton mengatakan bahwa truk yang menabrak mati empat polisi tersebut melaju dengan kecepatan 100 km per jam.

Begitu tingginya kecepatan truk sehingga kemudian berhenti di area reremputan yang membatasi jalur jalan.

Pengemudi truk ini sekarang masih dirawat di rumahsakit di bawah penjagaan polisi.

Ashton mengatakan pengemudi truk tersebut mengalami masalah medis setelah kejadian, yang 'tampaknya membuat dia kehilangan kesadaran.'

Polisi sudah mendatangi alamat pengemudi truk di daerah Cranbourne. "Polisi menemukan beberapa barang yang akan menjadi bagian dari penyelidikan," kata Ashton. Photo: Petugas penyelidik masih bekerja pagi ini di lokasi kejadian di Kew. (AAP: Scott Barbour)

 

Menurut dia, masih terlalu dini untuk memastikan apakah peristiwa ini disengaja atau tidak.

Empat polisi yang tewas tersebut adalah seorang polisi perempuan yang baru menjadi polisi dan tiga polisi pria yang lebih senior.

Menteri Utama (Premier) Daniel Andrews termasuk salah satu pejabat yang mengucapkan bela sungkawa atas tewasnya keempat polisi tersebut.

Dia mengatakan 'insiden buruk' ini diperparah lagi karena terjadi di tengah krisis virus corona sekarang.

"Seluruh polisi di negara bagian ini berduka atas apa yang terjadi tadi malam," kata Chief Commissioner Ashton.

"Ini kejadian yang belum pernah terjadi sebelumnya, dimana kami kehilangan begitu banyak anggota dalam satu kejadian, dalam salah satu tabrakan paling buruk di jalan raya," ujarnya.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Orang Tewas dalam Tragedi Truk Tronton vs Truk Hino

Berita Terkait