Trisakti Tourism Award Bangkitkan Potensi Wisata Indonesia

Kamis, 09 Mei 2019 – 17:00 WIB
Sosialisasi Trisakti Tourism Award. Foto : Ist

jpnn.com, JAKARTA - Trisakti Tourism Award, merupakan penghargaan yang baru pertama kali diadakan untuk pemerintah daerah di Indonesia.

Penghargaan ini akan diberikan kepada pemerintah kabupaten dan kota di seluruh Indonesia yang berprestasi dalam membangun, mengelola, dan mengembangkan sektor pariwisata melalui semangat Trisaktinya Bung Karno.

BACA JUGA: Menpar Beber Capaian Pariwisata Indonesia di HPN 2019

Trisakti merupakan semangat yang dikembangkan untuk memajukan pariwisata Indonesia melalui pemberian penghargaan bagi pemerintah daerah yang mengejawantahkan Trisakti dalam pengembangan pariwisatanya.

Trisakti Tourism Award yang diprakarsai oleh Yayasan Kusuma Pertiwi dan didukung oleh Majalah Destinasi Indonesia bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah memajukan sektor pariwisata di daerahnya.

BACA JUGA: Pertumbuhan Pariwisata Indonesia Tercepat Ke-9 di Dunia

"Terutama memberikan penghargaan bagi pemerintah kabupaten dan kota yang berkomitmen dalam pembangunan kepariwisataan. Sasarannya adalah menjadikan sektor pariwisata sebagai unggulan daerah serta meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor pariwisata," ujar Wiryanti Sukamdani, Ketua Yayasan Kusuma Pertiwi.

Peserta Trisakti Tourism Award terbuka bagi seluruh pemerintah kabupaten dan kota di seluruh Indonesia yang memilki prestasi pada sektor pariwisata dari 2016 hingga 2019, dan mendokumentasikan proses pembangunan pariwisata sesuai tematik yang akan dipilih.

BACA JUGA: Kagumi Indonesia, Aktris Amerika: Pantainya Luar Biasa

Wiryanti mengatakan pilihan tematik pariwisata dalam Trisakti Tourism Award 2019 adalah wisata bahari, ekowisata, wisata petualang, wisata warisan budaya dan sejarah, serta wisata kuliner dan belanja.

Pemerintah kabupaten dan kota yang akan ikut serta harus melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan atau mengunggah video profil (dokumentasi) pariwisata di website https://trisaktiaward.com.

Video profil tersebut berisi visi dan misi Pemda, implementasi pembangunan pariwisata, keunggulannya, atraksi, aksesibilitas, serta amenitas berdurasi 3 menit.

Kemudian, seleksi dilakukan melalui wawancara dan kunjungan (bila diperlukan). Trisakti Tourism Award akan dimeriahkan dengan acara Destinasi Indonesia Expo & Conference, sebuah pameran dan konferensi tentang potensi pariwisata daerah.

Acara ini rencananya dilangsungkan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 27 hingga 29 Juni 2019.

"Destinasi Indonesia Expo berperan sebagai media untuk memperkenalkan destinasi wisata di Indonesia kepada masyarakat umum. Acara ini akan mempromosikan potensi pariwisata daerah, mulai dari atraksi, amenitas, dan aksesibilitas seperti daya tarik wisata, penerbangan, hotel, cinderamata dan kuliner," tambah Wiryanti.

Pameran ini juga akan memperkenalkan program-program terkait pariwisata yang disiapkan pemerintah daerah dan diharapkan dapat bergandengan dengan biro perjalanan lokal, sehingga bisa langsung menawarkan paket-paket wisata daerah.

Dia mengatakan destinasi Indonesia Conference atau konferensi destinasi Indonesia merupakan ajang berkumpul dan urun rembuk seluruh pihak yang berkepentingan dalam pariwisata dan destinasi Indonesia untuk menemui dan mengenali potensi serta menggali ke arah mana pembangunan pariwisata dan destinasi wisata daerah harus dikembangkan.

Destinasi Indonesia Expo yang akan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani.

Rencananya diikuti oleh 200 peserta Expo. Destinasi Indonesia Conference bertema “Destinasi Pariwisata Indonesia dalam era ekonomi 4.0” akan menghadirkan pakar pariwisata dari berbagai aspek, baik dari dalam maupun luar negeri, yang akan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Panjaitan sebagai Key Note Speaker dan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo sebagai Honorable Speaker.

Penganugerahan Trisakti Tourism Award rencananya diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan disaksikan oleh Presiden ke 5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri pada hari Kamis, 27 Juni 2019 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center (JCC), Kompleks Gelanggang Olahraga Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

Acara ini akan dihadiri pula oleh menteri pariwisata dan tokoh-tokoh pariwisata Indonesia. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Accommindo - Smailing DMC Promosikan 10 Bali Baru


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler