Tugboat Terbakar di Barsel, 3 ABK Luka Bakar, 2 Orang Dinyatakan Hilang

Senin, 13 Mei 2024 – 14:31 WIB
Kapal milik warga dan Tugboat Surya 03 terbakar di DAS Dusun Murung Kelanis, Kabupaten Barsel pada Senin (13/5/2024). ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

jpnn.com - PALANGKA RAYA - Sebuah tugboat atau TB Surya 03 terbakar di perairan Dusun Murung Kelanis, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

Kebakaran tugboat itu mengakibatkan tiga anak buah kapal (ABK) mengalami luka bakar, dan dua orang lainnya masih hilang.

BACA JUGA: Sidang Kasus Tugboat Paiton Terbakar, Dua Terduga Pelaku Tidak Hadir

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya, Anak Agung Ketut Alit Supartana membenarkan informasi mengenai kejadian tersebut.

Dia mengatakan bahwa korban yang mengalami luka bakar ada tiga orang dan dua orang lainnya hilang saat peristiwa tersebut terjadi.

BACA JUGA: Kronologi Kapal Terbakar di Perairan Meranti, Seluruh ABK Terjun ke Laut

"Kejadiannya pada hari ini sekitar pukul 05.46 WIB, dua orang ABK hilang dalam peristiwa itu sedangkan tiga orang lainnya mengalami luka bakar," kata Ketut Alit saat hubungi di Palangka Raya, Senin (13/5). 

Berdasar keterangan dari Kasi Operasi Basarnas Palangka Raya Adliandy Salman, tiga orang yang mengalami luka bakar tersebut sudah dilarikan ke RSUD Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur.

BACA JUGA: 52 Kapal Terbakar di Pelabuhan Jongor Kota Tegal

Mengenai penyebab kebakaran tugboat, Basarnas Palangka Raya belum mengetahui secara pasti dan hal tersebut adalah wewenang dari pihak kepolisian setempat untuk menyelidikinya.

"Untuk dua orang yang hilang itu menjadi wewenang kami untuk pencarian. Saat ini, personel dari Basarnas Palangka Raya meluncur ke lokasi kejadian untuk mencari dua orang yang dinyatakan hilang dalam peristiwa tersebut," ucapnya.

Salman mengatakan pihaknya belum menerima informasi secara gamblang terkait asal muasal penyebab peristiwa itu terjadi hingga mengakibatkan tugboat TB Surya 03 dan satu kapal milik warga terbakar.

"Kronologinya kami tidak mengetahui secara gamblang, yang jelas pihak kepolisianlah yang nantinya melakukan penyelidikan sehingga peristiwa tersebut diketahui secara jelas," kata Salman.

Berdasarkan data yang tersebar di grup WhatsApp, korban yang mengalami luka bakar atas peristiwa tersebut, yakni Hairan, Darman dan satu kru kapal TB Surya 03.

Sementara, dua orang yang dinyatakan hilang atas insiden tersebut, atas nama Ipul dan Rengga. Sementara ini untuk jumlah kru Kapal TB Surya 03 juga belum diketahui berapa totalnya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler