Tunda Formula E, Anies Menolak Korbankan Keselamatan Warga Jakarta demi Ekonomi

Rabu, 11 Maret 2020 – 12:41 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi mengumumkan penundaan ajang balap mobil Formula E di Balai Kota, Rabu (11/3). Menurutnya, keputusan tersebut merupakan bentuk tanggung jawab Pemprov DKI dalam melindungi warga dari penularan virus corona.

"Kami tidak ingin mengorbankan keselamatan warga demi pencapaian perekonomian. Memang formula E ini memberikan dampak ekonomi yang besar, tapi bila punya risiko untuk warga maka kita tunda," kata Anies dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Rabu (11/3).

BACA JUGA: Anies Baswedan Akhirnya Tunda Penyelenggaraan Formula E

"Allhamdullilah pihak Formula E dan FIA menyetujui itu, sehingga hari ini kami di Jakarta dan mereka (FIA) di Eropa akan bersama-sama mengumumkan bahwa Formula E bulan Juni tidak dilaksanakan," kata Anies.

Anies juga mengaku belum memastikan tanggal dihelatnya Formula E karena keputusan itu nantinya harus melihat perkembangan wabah virus corona di Indonesia.

BACA JUGA: Anies Baswedan Tunda Formula E, Begini Reaksi Ruhut Sitompul

"Fokus kami saat ini bukan Formula E tapi keselamatan warga," kata Anies.

Anies pun memastikan dana yang digelontorkan untuk formula E berupa 'commitment fee' kepada FIA Formula E tidak akan hangus karena perhelatan balap mobil listrik yang direncanakan di Monas itu ditunda.

BACA JUGA: Taufik Gerindra Minta Anies Baswedan Dahulukan Keselamatan Warga ketimbang Formula E

"Commitment fee tidak akan hangus, karena ini langsung dari tangan pertama," ujar Anies.

Sebelumnya, pada Senin (9/3) Anies bersurat kepada Organizing Commite (OC) Jakarta E- Prix untuk menunda perhelatan formula E atas merebaknya virus corona.

Awalnya OC Jakarta E-Prix memastikan formula E di kawasan Monas itu seharusnya berjalan tanpa ada kendala. Pemprov DKI Jakarta diketahui telah mengelontorkan dana sebesar Rp 1,6 triliun untuk ajang mobil balap listrik itu. (ant/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler