Tunjukkan Proses Produksi di Pabrik Mambal, Aqua Perkuat Sinergi Industri dan Pemerintah

Sabtu, 03 Agustus 2024 – 13:53 WIB
Karyawan Aqua, sedang mengawasi proses produksi Aqua Galon Guna Ulang Polyethylene Terephthalate (PET) di lini produksi Pabrik Aqua Mambal, Bali. Rabu, 31 Juli 2024. Foto: Dokumentasi Aqua

jpnn.com, BALI - Aqua merupakan pionir air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia sejak 1983, yang selalu berkomitmen menghadirkan produk berkualitas yang berorientasi pada jaminan keamanan dan kesehatan.

Pada Rabu (31/7), Aqua menerima kunjungan dari Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Pabrik Aqua, Mambal, Bali.

BACA JUGA: AQUA Elektronik Merilis TV Terbaru Berteknologi Kekinian, Ada Perintah Suara

Para perwakilan pemerintah tersebut dapat menyaksikan langsung proses produksi Aqua dari hulu ke hilir, serta memastikan keamanan dan kualitas produk-produk Aqua yang terjamin dengan standar tinggi dan mengikuti seluruh regulasi yang berlaku.

Pada kesempatan ini juga, perwakilan pemerintah menyaksikan langsung proses produksi pada produk kemasan Galon Guna Ulang, baik yang berbahan polycarbonate (PC) maupun yang berbahan polyethylene terephthalate (PET).

BACA JUGA: AQUA Elektronik Meresmikan Direct Service Center di Bekasi

Sejak 2019, Aqua Galon Guna Ulang PET telah didistribusikan ke area Bali dan Sulawesi Utara sebagai varian pendamping dari produk kemasan Galon Guna Ulang PC yang lebih dahulu beredar.

Kedua produk Galon Guna Ulang, baik PET dan PC, sama-sama berkualitas, berstandar keamanan pangan tinggi, dan menjaga kemurnian AQUA di dalamnya.

BACA JUGA: Geram Kapolres Jember 5 Anggotanya Dikeroyok Pesilat PSHT, Aipda Parmanto Terluka Parah

Pada 2024, Aqua Galon Guna Ulang PET mulai didistribusikan lebih luas secara bertahap ke wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Hal ini juga menjadi bagian dari komitmen Aqua untuk mendukung agenda Pemerintah Indonesia, yakni Target Bersih Sampah 2025 melalui pengurangan sampah sebesar 30% dan penanganan sampah sebesar 70%, sesuai dengan komitmen #BijakBerplastik Aqua.

Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar, Kementerian Perindustrian Merrijantij Punguan Pintaria mengatakan kunjungan ke salah satu pabrik Aqua di Mambal, Bali, telah memberikan gambaran bahwa industri AMDK di Indonesia sudah semakin maju dan memenuhi standar nasional serta internasional.

"Apa yang sudah dilakukan Aqua saat ini, yakni menghadirkan varian kemasan baru Galon Guna Ulang PET yang ramah lingkungan serta senantiasa mengikuti pedoman Standar Nasional Indonesia, adalah hal yang patut dicontoh oleh pelaku industri lainnya. Kami mengapresiasi komitmen Aqua untuk terus berinovasi pada produk-produknya agar bisa mengedepankan tanggung jawab terhadap lingkungan sekaligus memberikan manfaat kebaikan bagi masyarakat,” katanya.

Komitmen dan langkah yang diambil Aqua untuk menghadirkan varian kemasan produk baru bagi masyarakat juga disambut baik Periset Ahli Madya bidang Polimer dari Pusat Riset Teknologi Polimer (PRTP) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Syuhada.

“Selain PC, penggunaan material PET diketahui secara luas menjadi materi yang juga sering digunakan oleh industri sebagai kemasan produk. Aqua melakukan pilihan yang bijak dengan memanfaatkan Galon Guna Ulang PET sebagai varian kemasan produk AMDK, mendampingi kemasan PC mereka yang sebelumnya sudah hadir, karena bahan tersebut bisa digunakan kembali sekaligus didaur ulang. Seperti halnya PC, bahan PET juga aman digunakan tanpa perlu menimbulkan kekhawatiran di masyarakat apabila digunakan secara berulang, selama kualitas kemasannya memenuhi standar yang berlaku, melalui proses pencucian menyeluruh dan proses sterilisasi,” ujarnya.

Government and External Scientific Affairs Director Danone Indonesia Rachmat Hidayat merasa terhormat untuk menerima kunjungan perwakilan pemerintah kali ini.

"Sebagai pionir di industri AMDK Indonesia, kami terus berupaya melakukan berbagai inisiatif dan aktivitas secara berkelanjutan, terutama dalam mendukung sinergi antara pelaku industri dengan pemerintah yang dapat memberikan dampak baik bagi ekonomi masyarakat dan mewujudkan kelestarian lingkungan," katanya.

Kedua varian produk Aqua kemasan Galon Guna Ulang berbahan PET dan PC adalah wujud nyata komitmen kami untuk menghadirkan produk berkualitas yang keamanan, kualitas, dan kebersihannya selalu memenuhi standar keamanan pangan sesuai regulasi yang berlaku di Indonesia.” ujar dia.

Sejak diperkenalkan di Bali dan Manado pada 2019 lalu, varian kemasan Galon Guna Ulang PET  ternyata diterima dengan baik oleh masyarakat.

Di Bali khususnya, Galon Guna Ulang PET dan PC dijual dan digunakan berdampingan. Masyarakat meyakini varian manapun adalah produk terbaik yang diberikan Aqua karena sudah terbukti aman dan bersih.

Pada kesempatan yang sama, Aqua juga menegaskan komitmennya terhadap pengurangan sampah plastik ke lingkungan melalui gerakan #BijakBerplastik.

Gerakan ini terdiri dari tiga pilar, yaitu Pengumpulan, Edukasi, dan Inovasi. Aqua senantiasa mendukung Gerakan Indonesia Bersih dari pemerintah, dan berambisi untuk mengumpulkan dan menggunakan kemasan daur ulang lebih banyak dari yang dihasilkan perusahaan.

Oleh karena itu, selain mengunjungi Pabrik Aqua di Mambal, Bali, Aqua juga mengajak para undangan ke Recycle Business Unit (RBU) Bali PET di Denpasar. Lokasi ini merupakan salah satu fasilitas yang menjadi bagian dari ekosistem daur ulang dan pengelolaan sampah Aqua di Bali. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 Rumah Sakit Klaim Fiktif BPJS Kesehatan Miliaran Rupiah, KPK Turun Tangan, Nah Loh


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler