Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Mengonsumsi 5 Suplemen Ini

Jumat, 14 Juli 2023 – 06:18 WIB
Pil minyak ikan. Foto: Alodokter

jpnn.com, JAKARTA - BANYAK orang kini menderita kolesterol tinggi yang berbahaya untuk tubuh.

Umumnya, kolesterol tinggi terjadi akibat terlalu stres, kurang gerak dan mengonsumsi berbagai makanan tidak sehat, seperti pizza, gorengan, dan lainnya.

BACA JUGA: Kolesterol Tinggi Bikin Resah, Buruan Turunkan dengan 7 Buah Ini

Untuk menurunkan kolesterol tinggi, banyak orang mulai melakukan diet khusus dan olahraga rutin.

Sebab, jika tergantung minum obat kolesterol seperti statin biasanya membuat beberapa orang merasa khawatir akan efek samping yang ditimbulkannya.

BACA JUGA: 5 Suplemen yang Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Daerah Kewanitaan

Oleh sebab itu, ada alternatif lainnya yang biasanya dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, yakni minum suplemen penurun kolesterol.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

BACA JUGA: 3 Suplemen yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

1. Sterol dan stanol

Salah satu suplemen penurun kolesterol yang memiliki kandungan phystosterol atau yang dikenal sebagai sterol dan stanol merupakan senyawa yang terbukti menurunkan kolesterol jahat hingga 9-20 persen.

Suplemen sterol dan stanol ini mampu mengurangi risiko penyakit jantung jika dikonsumsi sebesar 400 mg per dosis setiap hari.

Namun perlu diketahui, suplemen penurun kolesterol ini juga memiliki efek samping, seperti diare, sembelit, dan mual.

2. Minyak ikan

Mengonsumsi suplemen penurun kolesterol seperti suplemen minyak ikan merupakan salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk membuat kadar kolesterol terkendali.

Pasalnya, kadar omega-3 dalam minyak ikan, yaitu EPA dan DHA, terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida hingga 30 persen.

Kandungan omega-3 dalam minyak ikan juga mampu meminimalisir pembengkakan dan pembekuan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Menurut penelitian di jurnal Lipid in Health and Disease, setelah digunakan selama 12 minggu, minyak ikan bisa menurunkan kadar kolesterol secara drastis sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Niacin

Salah satu suplemen yang mampu membuat kadar kolesterol terkendali, yakni Niacin.

Niacin merupakan suplemen vitamin B yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) hingga 30 persen.

Perlu diketahui, suplemen ini perlu diminum dalam dosis besar agar efeknya bisa terasa, yakni sebanyak 1-3 gram sehari.

Penggunaan niacin juga bisa menimbulkan efek samping seperti sakit kepala, mual, muntah, gatal, dan kulit kemerahan.

4. Psyllium

Psyllium atau yang lebih dikenal dengan nama Plantago ovata merupakan tanaman herbal sebagai suplemen penurun kolesterol.

Pasalnya, psyllium termasuk jenis serat larut air yang bisa melarutkan kolesterol dan menurunkan trigliserida serta kolesterol total, terutama bagi penderita diabetes tipe 2.

Oleh sebab itu, mengonsumsi suplemen penurun kolesterol yang mengandung psyllium bisa menjadi alternatif pilihan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Perlu diketahui, bahwa jumlah psyllium yang harus dikonsumsi setiap harinya demi menurunkan kadar kolesterol membutuhkan 10-20 gram psyllium yang dikonsumsi tiga kali sehari sebelum makan.

5. Koenzim Q10 (CoQ10)

Salah satu suplemen yang mengandung Koenzim Q10 termasuk dalam golongan antioksidan kuat yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol buruk dalam tubuh.

Selain itu, suplemen yang mengandung CoQ10 juga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, zat CoQ10 yang ada dalam kandungan suplemen dianggap bisa mengurangi efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan obat-obatan kolesterol seperti statin.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler