Tutup Akses Suap ke Hakim dan Panitera MK

Jumat, 01 November 2013 – 19:24 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi terpilih, Arief Hidayat berupaya meyakinkan masyarakat terhadap kinerja delapan hakim MK yang tersisa usai penangkapan Mantan Ketua MK, Akil Mochtar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dikatakan Arief, secara pribadi dirinya mengaku prihatin dengan kasus yang menimpa Akil Mochtar.  Namun dia menekankan tidak semua hakim di MK melakukan perbuatan tercela seperti itu.

BACA JUGA: JK Tak Keberatan Jadi Jualan PKB

"Kalau ini kan tidak semua hakim yang melakukan perbuatan tercela. Kita berdelapan mempunyai tugas yang sangat berat tantangannya karena kita pelajari persepsi masyarakat terhadap Mahkamah Konstitusi konteks sekarang ini di bawah titik nadir," kata Arief Hidayat usai terpilih jadi Wakil Ketua, Jumat (1/11) di Gedung MK.

Dalam satu bulan ke depan, meskipun Ketua MK belum definitif, dia bersama hakim konstitusi lainnya akan menjunjung tinggi musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan atas perkara yang ditangani. Hal itu menurutnya sudah menjadi bagian dari introspeksi hakim MK ke arah perbaikan.

BACA JUGA: Belum Ada yang Kirim Bantuan ke Rekening Gita

"Kita juga melakukan upaya dengan seluruh panitera dan pendukung sekretariat jenderal, agar ke depan berhati-hati dan menutup akses untuk siapapun di luar MK, sehingga upaya-upaya untuk mendekati hakim maupun panitera tersaring," jelasnya.(Fat/jpnn)

BACA JUGA: Tunggu Keppres Pemecatan Akil

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPU Diminta Atur Pemilih Cukup Modal KTP


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler