Perpustakaan nasional berhasil menemukan kembali uang kertas pertama Australia. Uang kertas ini semula dikira sudah hilang sejak 80 tahun silam, namun ternyata ditemukan di dalam arsip perpustakaan nasional di Canberra.


Uang kertas pertama Australia senilai £1 ditemukan kembali setelah selama 80 tahun tersimpan di arsip perpustakaan nasional Australia.

BACA JUGA: Gempa 7,4 SR Guncang Papua Nugini

Uang kertas dengan nomor seri P000001 merupakan uang kertas pertama yang menggunakan lambang negara Australia - The Australian Coat of Arms.

Meskipun menjadi benda penting bagi sejarah Australia, namun uang kertas ini ditemukan secara tidak sengaja.

BACA JUGA: Tersangka Harun Causevic Ingin Mati dalam Serangan Teror di Melbourne

Penemuan itu berawal dari kedatangan seorang penjual koin, yang hendak menjual koleksi uang koin pertama Australia senilai 10-shilling ke perpustakaan. Penjual koin ini mengingatkan mereka kalau dia menduga uang kertas pertama Australia ada di dalam koleksi perpustakaan nasional.

Keterangan ini kemudian memicu pencarian besar-besaran di gudang arsip Perpustakaan Nasional.

BACA JUGA: Pemerintah Selidiki Kondisi Perbudakan di Sejumlah Perkebunan Australia

"Jumlah koleksi naskah di gudang kita setidaknya mencapai 12.000 item koleksi dan beberapa dari koleksi itu diletakan di dalam satu kotak tersendiri. Sementara koleksi lainnya ada yang disimpan di dalam ratusan kotak atau bahkan seribuan benda," kata kurator Kylie Scroope.

"Lokasi pertama yang kami cari adalah di dokumen pribadi mantan Perdana Menteri Andrew Fisher," katanya.

"Kami tahu PM Fisher memiliki keterkaitan dengan pengadaan mata uang ini dan kemudian juga pencetakannya."

Tapi ternyata pencarian di koleksi Fisher tidak membuahkan hasil, sehingga pencarian diperluas ke semua koleksi naskah lainnya.

"Pencarian dilakukan dengan menggunakan katalog perpustakaan untuk mencari koleksi apapun yang memiliki deskripsi yang memiliki referensi pada uang kertas tersebut," kata Scroope.

Dan akhirnya uang kertas pertama Australia itu berhasil ditemukan di dalam koleksi yang menyebutkan menyimpan spesimen uang kertas.

"Pemahaman saya, uang kertas itu sudah diedarkan, dan mereka memproduksi spesimen sebagai contoh utama dari uang kertas pertama tersebut," katanya.

"Tapi catatan Fisher sebenarnya bukan spesimen uang kertas dan Fisher tidak memberikan catatan kalau itu merupakan uang kertas pertama Australia di dalam deskripsi katalog tersebut."

Scroope mengatakan desain uang kertas pertama Australia itu cukup sederhana.

"Uang kertas itu bertuliskan kata-kata uang kertas 1 Pound Persemakmuran Australia," katanya.

"Salah satu hal yang aneh pada uang kertas itu adalah adanya keterangan kalau si pembawa uang dapat mengganti uang itu dengan satu pon emas di Departemen Keuangan," paparnya.

Scroope mengatakan untuk sementara ini nilai dari uang kertas pertama Australia itu tidak diketahui, tapi menurut dia nilainya tidak kurang dari 1 juta dolar.

"Berdasarkan penjualan item sebanding dengan kelangkaan yang sama dan asalnya serta usianya, kami berharap uang kertas itu nilainya dapat mencapai lebih dari $ 1 juta."

Uang kertas satu pound itu diajukan ke PM Andrew Fischer oleh Departemen Keuangan pada tahun 1913.

Dan PM Fischer menyimpannya sampai 1927, saat ia menyerahkannya kekuasaannya pada Perdana Menteri Stanley Bruce, untuk disumbangkan ke Perpustakaan Parlemen.

"Perpustakaan Parlemen dan Perpustakaan Nasional kemudian digabungkan," kata Scroope.

Meskipun uang kertas itu telah disumbangkan ke Arsip Nasional Australia, keberadaan uang kertas pertama Australia itu tidak banyak diketahui hingga 80 tahun kemudian.

Tapi Scroope mengatakan seseorang pasti telah menemukan uang kertas itu di arsip perpustakaan nasional dan  menempatkannya ke dalam kotak penyimpanan dalam kurun waktu 30 tahun terakhir.

Uang kertas pertama Australia itu menurut rencana akan ditunjukkan ke publik di perpustakaan nasional mulai pekan depan.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Buaya yang Memangsa Beberapa Anjing Ditangkap di NT

Berita Terkait